Pengembangan Bahan Ajar Digital Materi Cerpen Di SMK Negeri 1 Pemulutan

Authors

  • Endang Rasuanti
  • Missriani Missriani
  • Yessi Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7342

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Pembelajaran Jarak Jauah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital pembelajaran bahasa Indonesia dari segi kelayakan isi, media, dan bahasa serta keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji kelayakan bahan ajar digital melalui uji kelayakan produk dengan cara desain uji coba review dengan diberikan lembar observasi mencakup kesesuaian isi, media, dan bahasa oleh ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa. Subjek uji coba adalah siswa SMK Negeri 1 Pemulutan melalui tiga tahap yaitu uji coba perseorangan yang diambil 3 orang siswa secara acak, uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 siswa, dan uji coba lapangan terdiri 34 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan produk bahan ajar digital yaitu kualitas bahan ajar adalah layak, efektif, dan efisien. Bahan ajar digital layak dan efektif digunakan oleh siswa saat uji coba lapangan dan membantu siswa dalam mempelajari materi cerpen selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian ini diharapkan sebagai acuan mengembangkan bahan ajar pada materi lainnya.

References

Angko, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15.

Anwas, O. M. A. O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 493–504.

Dick, W. (1996). The Dick and Carey model: Will it survive the decade? Educational Technology Research and Development, 44(3), 55–63.

Majid, A. (2013). Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Missriani, M., & Fitriani, Y. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(2), 121–135.

Premana, I. M. Y., Suharsono, N., & Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D Untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1).

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, PTK, R&D.

Downloads

Published

2022-01-31