Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Sejarah Lokal Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 jejawi
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7358Keywords:
Penelitian dan Pengembangan, Borg and Gall, Komik Teks DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berjudul Komik Teks Deskripsi yang disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan guru di SMP Negeri 4 Jejawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan research and development (R&D) kolaborasi Borg and Gall dan Martin Tessmer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran Komik Teks Deskripsi mengarahkan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi, (2) Uji validasi ahli terhadap media pembelajaran Komik Teks Deskripsi memperoleh nilai 4,61 dengan kriteria Sangat Baik, selanjutnya layak untuk diujicobakan, (3) Uji coba dilakukan dalam dua tahap yaitu uji one to one dan uji small grup, berdasarkan dua tahap uji coba tersebut terjadi peningkatan persentase KKM mencapai 90% s.d. 100% tuntas, (4) siswa memberikan sambutan positif dan menyatakan sangat berminat jika pembelajaran selanjutnya menggunakan komik, dan (5) Terdapat peningkatan dari nilai pretes dan ke nilai postes sebesar 25 angka dengan predikat Baik, sehingga komik teks deskripsi berpotensial terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri Jejawi.
References
Alfin, Jauharoti dkk. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia MI. Surabaya: Mitra Media Nusantara.
Andriansyah, D. (2017). Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Event Management Menggunakan Standard ISO 9126-1. Jurnal Speed Sentra Penelitian Engeneering dan Edukasi, Vol. 9, No. 1, 1-7.
Gusparadu, W. (2017). Penerapan Media Komik dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Pendidikan agama Islam Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V di SD Negeri 95 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah.
Linggi, A. D. (2016). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Teks Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Putra, H. S. (2012). Pengembangan Rubrik Penilaian untuk Digunakan Guru dalam Menilai Hasil Tulisan Siswa SMA. Jakarta: FIPB Universitas Indonesia.
Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis Cet. ke-11 . Bandung : Alfabeta.
Sarina, Kristiawan, Wardiah. (2019). Module Development The Utilization Of Patchwork Fabric As Teaching Materials Crafts On The Subjects Of Craft And Entrepreneurship For High School Students. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 8, Issue 05, MAY , 124-130.
Sudjana & Rivai. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suryani dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Verawati, Harapan, Fitria. (2021). Pengembangan Modul Anti Narkoba. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP), Vol. 6 No. 1 Januari-Juni, 67-76.