Keefektifan Model Pembelajaran Roundtable Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Mesuji

Authors

  • Anggun Novi Asmawati UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Liza Murniviyanti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Hetilaniar Hetilaniar UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7478

Keywords:

Keefektifan, Roundtable, Teks Cerita Sejarah Pribadi

Abstract

Berdasarkan temuan peneliti di lapangan, terungkap bahwa terdapat Efektifitas dari Model Pembelajaran Roundtable Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2021/2022. Populasi pada penelitian inni adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 37 siswa. Kemudian yang akan dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yang tetap berjumlah 37 siswa. Kelas XII IPA sebanyak 17 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XII IPS berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian inipun menggunakan tes berupa tes essai yang diberikan setelah akhir dari pembelajaran (post-test) untuk mengetahui keterampilan dalam menulis teks cerita sejarah pribadi dengan menggunakan model pembelajaran roundtable ataupun tidak. Hasil dari analisis data keterampilan menulis teks cerita sejarah pribadi terhadap kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran roundtable pada 20 siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,6. Sedangkan pada kelas eksperimen hasil data dari pembelajaran menulis teks cerita sejarah pribadi dengan sudag diterapkannya model pembelajaran roundtable terhadap 17 siswa yang mana memperoleh data nilai rata-rata sebesar 81,6. Artinya keterampilan siswa dalam menulis teks cerita sejarah pribadi pada taraf dan tingkatan baik, yang disebabkan adanya keefektifan model pembelajaran roundtable. Berdasarkan hasil data perhitungkan uji hipotesisi diperoleh  sebesar 2,05 dan dibandingkan dengan  dibandingkan dengan  dengan taraf yang signifikan 0,05 dengan dk sebesar 35 dan diperoleh harga  sebesar 2,042 berarti didapat  yaitu sebesar 2,052,042. Dengan demikian hipotesisi berbunyi terdapat keefektifan dalam penggunaan model pembelajaran roundtable terhadap keterampilan menulis teks cerita sejarah pribadi siswa kelas XII di SMA Negero 2 Mesuji Raya.

 

 

References

Achmad, & Alek. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Agustina, J., & Mardiana. (2019). Pengaruh Film Indie (Independent) Terhadap keterampilan menulis Cerpen siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 9, No.2.

Amelia, Kiki; Hetilaniar; Masnunah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Smp Patra Mandiri 2. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18.3: 329-337.

Armariena, Dian Nuzulia; Murniviyanti, Liza. Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Dengan Metode Image Streaming Dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2017, 7.1: 88-115.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Haya Ayu Mustika. (2021). Efektivitas Teknik Membaca Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kisam Ilir Kabupaten OKU Selatan.

Hetilaniar, H. (2019). Pengaruh Strategi Jumput Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Wahana Didaktika, 17(2), 12-19.

Kadir. (2019). Statistika Terapan Konsep Contoh dan Analisis Data dengan Program Spss/Lisrel dalam Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Masnunah. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Mahasiswa. Wahana Didaktika, Vol. 16, No.2, 235-242.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Ratumanan, & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Anggota Ikapi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-01-28