Pengaruh Profesionalisme Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA PGRI 2 Palembang

Authors

  • Herlinawati Herlinawati Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7716

Keywords:

Profesionalisme, Kepemimpinan dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan; (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru; (2) Ada pengaruh yang signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru; (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan Profesionalisme Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Sampel penelitian ini berjumlah 67 orang guru SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang dipakai yaitu teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1) Ada pengaruh yang signifikan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru.Sebab nilai  yang berarti  diterima  ditolak; (2) Ada pengaruh signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Sebab nilai  yang berarti  diterima  ditolak; (3) Ada pengaruh yang signifikan Profesionalisme Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Sebab nilai yang berarti  diterima  ditolak.

References

Darlima. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 14 Palembang. Jurnal Ecomant Global Volume 2 Nomor2 Edisi Agustus 2017 , 63-72.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto & Tutik. (2006). Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 1.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 8

Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pembukaan UUD 1945 Alinea IV.

Yuliana dkk. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 1 Mempawai Hilir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 4 , 1-18.

Downloads

Published

2022-01-28