Implementasi Pendidikan Peduli Sosial Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7772Keywords:
Peduli Sosial, Pandemi, Covid-19Abstract
Dalam pembelajaran social yang bersifat konseptual perlu di terapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk menjawab bagaimana
implementasi kepedulian mahasiswa dalam menyikapi situasi sosial yang terjadi
di sekitarnya selama masa pandemi Covid-19. Keterlibatan mahasiswa dalam
penanganan dampak Covid-19 merupakan wujud dari implementasi nilai-nilai
karakter peduli yang telah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan memanfaatkan data pengalaman mahasiswa yang diperoleh
melalui observasi, wawancara virtual, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini
bersumber dari hasil jawaban narasi yang disusun oleh mahasiswa di Bekasi
berdasarkan pengalaman kegiatan sosial secara individu maupun kelompok pada
tahun 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan
kepedulian sosialnya dengan melakukan pengumpulan bantuan kepada
masyarakat terkena dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan aktivitas
masyarakat di luar rumah. Hal ini memiliki dampak pada aspek ekonomi dan
memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumbangan dikumpulkan dalam bentuk barang
dan dana didistribusikan kepada masyarakat. Selain itu, kepedulian sosial
ditunjukkan dengan pelibatan mahamahasiswa dalam berbagai kegiatan
sosialisasi, baik secara tatap muka maupun kampanye virtual penanganan Covid-
19 di Indonesia.
References
Bandura, A. (1977). Self-Efficacy: Toward A Unifying Theory Of Behavioral
Change. Psychological review, 84(2), 191.
Creswell, J.W. (1994). Research Design, Quantitative & Qualitative Approaches.
Sage Publications.
Darmiyati, Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Teori dan
Praktek. Yogyakarta: UNY Press
Malik, Hera Lestari. Agus Taufik & Puji Lestari Prianti. (2008). Pendidikan Anak
SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hoffman, L. W. (1993). Hoffman Devlopmental Psychology Today: McGraw-Hill
Companies.
Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan
Kreatif. Jakarta: Esensi.
Muro, M., & Jeffrey, P. (2008). A critical review of the theory and application of
social learning in participatory natural resource management processes.
Journal of environmental planning and management, 51(3), 325-344.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.