IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i2.93Abstract
Abstrak
Makalah ini dibuat bertujuan untuk mengajak para guru khususnya guru matematika mengenal pendekatan scientific sekaligus dapat ikut melaksanakan kurikulum 2013 dalam kegiatan keprofesionalannya sebagai guru di sekolah. Karena sejak pertengahan tahun 2013 implementasi kurikulum 2013 mulai dilakukan, dan pelaksanaannya yang dilakukan secara bertahap, seperti di tingkat SMP dan SMA baru dilaksanakan pada kelas 7 dan kelas 10, sehingga sebagian guru-guru di sekolah hanya baru menerima sosialisasinya saja, bahkan ada sekolah yang belum memulai  melaksanakannya dengan berbagai alasan.  Melalui pembelajaran  yang dilakukan di sekolah, guru-guru dapat ikut mengimplementasikan kurikulum 2013, dengan menerapkan pendekatan yang sama (scientific ) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menyajikan , untuk semua mata pelajaran bahkan untuk semua jenjang. Seperti halnya dalam pelajaran matematika perlu diketahui perubahan-perubahan apa saja yang membedakan implementasi kurikulum yang lama dengan yang baru. Sehingga guru-guru khususnya guru matematika dapat lebih cepat ikut mengimplementasikannya pada setiap jenjang pendidikan dengan menerapkan pendekatan scientific. Â
Â
Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendekatan Scientific, Perubahan pada Matematika