Penggunaan Model Pembelajaran Berpusat pada Siswa dan Media Inovatif dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13474Keywords:
PBL, media inovatif, hasil belajarAbstract
Penelitian ini berfokus pada upaya mengaktifkan siswa, perbaikan proses pembelajaran dan hasil belajar. Untuk keperluan ini diterapkanlah model pembelajaran berbasis masalah dan penggunaan media pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober sampai November 2022. Subjek penelitian adalah peserta didik dari SMP Negeri 26 Palembang. Data dalam penelitian ini berupa observasi proses pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk data proses pembelajaran dan analisis secara kuantitatif untuk tes hasil belajar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran yang baik dapat terlaksana jika dirancang dengan perencanaan yang bagus dan didukung dengan media pembelajaran yang tepat; (2) model PBL cocok digunakan untuk membuat pembelajaran berpusat pada siswa; (3) perlu teknik dan cara yang cukup berbeda dalam menggunakan media pembelajaran pada setiap materi yang berbeda.
References
Audina, N., Yuliani, R. E., & Muslimin. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 145-153.
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329-338.
Masnawati, A., Hadjar, I., & Yadil, M. N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga di Kelas VIIIB SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(3), 300-314.
Mayawati, M., Mulbasari, A. S., & Nurjannah. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning di Masa Pandemi. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 81-93.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik. Sesiomadika: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 659-663. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61.
Nasution, J., & Alzaber, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas VII. Aksiomatik, 8(3), 67-72.
Nurkomaria, V., Lusiana, L., & Zainab. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45-53.
Puspitasari, I. A., & Basir, A. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2, 75-92. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.D SMPN 1 Singingi Hilir. Universitas Islam Riau.
Rahmawati, R., Heleni, S., & Armis, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(4), 375-384.
Safinah, N., & Nurfalah, E. (2021). Pengembangan Media Powerpoint Berbasis Geogebra pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 43-50.
Sari, R. T., Patmaningrum, A., & Suharto, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 59-68.
Syamsidah, S., & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL). Deepublish.
Zubainur, C. M., & Bambang, R. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Sri Jayanti Manulang, Ali Syahbana, Nasriah Nasriah, Ariadi Ariadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.