Analisis Kepercayaan Diri Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Ladyanna Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14901

Keywords:

kepercayaan diri matematis, pembelajaran matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri matematis pada pembelajaran matematika yang dimiliki siswa SMP Negeri 5 Karawang Barat Kabupaten Karawang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Populasi yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Karawang Barat, kelas VII-E dengan sampel sejumlah 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri matematis siswa dalam pembelajaran matematika, berfokus pada indikator: 1) memiliki keyakinan terhadap kemampuan sendiri, 2) berinisiatif sendiri dalam mengambil keputusan, 3) memiliki pandangan postif terhadap diri sendiri, dan 4) berani mengemukakan pendapat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hanya hampir setangahnya siswa SMP Negeri 5 Karawang Barat kelas VII-E memiliki tingkat kepercayaan diri, sedangkan untuk siswa lainnya masih tidak memenuhi indiaktor kepercayaan diri matematis, persentase sebesar 37%.

References

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Desimal: Jurnal Matematika Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. 2(2), 147–153.

Andini, V., & Warmi, A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 594–601.

Creswell, J. W. (2015). Research Design : Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yayasan Mitra Netra.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–43.

Dirma, L. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Hakim, T. (2002). Mengenal Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara.

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19, 52–60.

Kholifah, U., Hanifah, H., Siagian, T. A., & Utari, T. (2021). Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau dari Aspek Kognitif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 99–110.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Ningsih, S. P., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Maju, 8(2), 621–628.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131.

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5, 975–982.

OECD. (2018). PISA 2018 Results in Focus What 15- year-olds Know and What They Can Do With What They Know.

Pangestu, R. A., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Maju, 8(1), 118–125.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ke-3). Alfabeta.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. .

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94.

Usmandi, Ramdantini, S., & Ergusni. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulatif Share Listen Creat Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 157–168.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.

Downloads

Published

2024-06-23