PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER

Muhamad Suseno Hadi, Ahmad Hussein Fattah, Amrina Rizta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan GeoGebra terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi program linier di SMK Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan rancangan penelitian posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Subjek penelitian terdiri dari 73 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes yang diberikan di akhir pembelajaran. Data hasil pembelajaran tersebut kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan membantu siswa dalam memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran matematika.

 Kata kunci : program linier, GeoGebra, hasil belajar                        


Full Text:

PDF

References


Hohenwater, M., and Fuchs, K. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra and Calculus in The Software System GeoGebra. 1-6. [Online]. Tersedia: https://archive.GeoGebra.org/static/publications/pecs_2004.pdf. [25 Mei 2018].

Hohenwater, M. J. 2013. Introduction to GeoGebra Version 4.4. [Online]. Tersedia: www.GeoGebra.org. [30 Januari 2018].

Jurotun. 2015. Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui “Disco LeMPer” berbantuan Software GeoGebra. Jurnal Kreano, Vol. 6(1) : 1-6.

Kustiawati, D. 2016. Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 113-120.

Nursyahidah, F., Saputro, B.A., dan Prayito, M. 2016. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan GeoGebra. Suska Journal of Mathematics Education, Vol.2(1) : 13-19.

Oktaria, M., Alam, A.K., dan Sulistiawati. 2016. Penggunaan Media Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kreano, Vol. 7(1) : 99-107.

Pianda, D. 2016. Penggunaan Media GeoGebra Melalui Pendekatan Scientific Untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Vol. 3(4) : 273-284.

Saputro, B. A., Prayito, M., dan Nursyhahidah, F. 2015. GeoGebra: Media Pembelajaran Matematika Dinamis di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Syahbana, A. 2017. Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: Noer Fikri.

Widyaningrum, Y.T. dan Murwanintyas, C.E. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran GeoGebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 10 November 2012. Hal: 975-980. ISBN : 978-979-16353-8-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.