PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan GeoGebra terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi program linier di SMK Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan rancangan penelitian posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Subjek penelitian terdiri dari 73 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes yang diberikan di akhir pembelajaran. Data hasil pembelajaran tersebut kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan membantu siswa dalam memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran matematika.
 Kata kunci : program linier, GeoGebra, hasil belajar            Â
References
Hohenwater, M., and Fuchs, K. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra and Calculus in The Software System GeoGebra. 1-6. [Online]. Tersedia: https://archive.GeoGebra.org/static/publications/pecs_2004.pdf. [25 Mei 2018].
Hohenwater, M. J. 2013. Introduction to GeoGebra Version 4.4. [Online]. Tersedia: www.GeoGebra.org. [30 Januari 2018].
Jurotun. 2015. Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui “Disco LeMPer†berbantuan Software GeoGebra. Jurnal Kreano, Vol. 6(1) : 1-6.
Kustiawati, D. 2016. Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 113-120.
Nursyahidah, F., Saputro, B.A., dan Prayito, M. 2016. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan GeoGebra. Suska Journal of Mathematics Education, Vol.2(1) : 13-19.
Oktaria, M., Alam, A.K., dan Sulistiawati. 2016. Penggunaan Media Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kreano, Vol. 7(1) : 99-107.
Pianda, D. 2016. Penggunaan Media GeoGebra Melalui Pendekatan Scientific Untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Vol. 3(4) : 273-284.
Saputro, B. A., Prayito, M., dan Nursyhahidah, F. 2015. GeoGebra: Media Pembelajaran Matematika Dinamis di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Syahbana, A. 2017. Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: Noer Fikri.
Widyaningrum, Y.T. dan Murwanintyas, C.E. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran GeoGebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 10 November 2012. Hal: 975-980. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.