HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5357Keywords:
gaya belajar, prestasi belajar matematika.Abstract
Gaya belajar terdiri dari: gaya belajar Visual, gaya belajar Auditory, dan gaya belajar Kinestetik. Ketiga gaya belajar ini mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket yang dimuat pada google form sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya nilai raport siswa. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus regresi sederhana dibantu program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
References
Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bire, A. L., Geradus, U., dan Bire, J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol. 44(2) : 168-174.
Budiarti, I. dan Jabar, A. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2(3) : 142-147.
DePorter, B. dan Hernacki, M. 2014. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006. [Online]. Tersedia: https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf
Pujiarti, A. 2013. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/15771/1/SKRIPSI%20AMIN%2009108241017%20PDF.pdf
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tualeka, F. 2020. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi tidak diterbitkan. Ambon: Institut Agama Islam Negeri Ambon. [Online]. Tersedia: http://repository.iainambon.ac.id/807/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf
Wardhani, I.S., Hanik, U., dan Wulandari, R. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol. 2(1) : 42-54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.