HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Authors

  • Septi Eka Wahyuni
  • Muslimin Tendri
  • Nyimas Inda Kusumawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5357

Keywords:

gaya belajar, prestasi belajar matematika.

Abstract

Gaya belajar terdiri dari: gaya belajar Visual, gaya belajar Auditory, dan gaya belajar Kinestetik. Ketiga gaya belajar ini mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket yang dimuat pada google form sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya nilai raport siswa. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus regresi sederhana dibantu program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

References

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bire, A. L., Geradus, U., dan Bire, J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol. 44(2) : 168-174.

Budiarti, I. dan Jabar, A. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2(3) : 142-147.

DePorter, B. dan Hernacki, M. 2014. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006. [Online]. Tersedia: https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf

Pujiarti, A. 2013. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/15771/1/SKRIPSI%20AMIN%2009108241017%20PDF.pdf

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tualeka, F. 2020. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi tidak diterbitkan. Ambon: Institut Agama Islam Negeri Ambon. [Online]. Tersedia: http://repository.iainambon.ac.id/807/1/BAB%201%2C3%2C5.pdf

Wardhani, I.S., Hanik, U., dan Wulandari, R. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol. 2(1) : 42-54.

Downloads

Published

2021-07-19