Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar

Authors

  • Nur Zahwa Universitas Sriwijaya
  • Shalsabila Shafa Universitas Sriwijaya
  • Viki Himatul Ulya Universitas Pekalongan
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Jeri Araiku Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7936

Keywords:

hasil belajar, motivasi, pemecahan

Abstract

Model pembelajaran dan motivasi berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran oleh pendidik mendorong semangat belajar siswa dari luar sedangkan motivasi mendorong siswa dari dalam dirinya sendiri agar dapat memaksimalkan pemahaman pada materi pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi baris dan deret terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Seluruh siswa kelas X SMK Maarif NU Kajen merupakan populasi penelitian. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X TKR 1 dan X TKR 2 yang jumlah siswanya masing-masing 36 siswa dan 37 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester Ganjil TA 2021-2022. Instrumen pada penelitian ini yakni tes uraian, angket motivasi belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Nonparametrik dan menggunakan Uji Rank Transformasi setara Anava Dua Jalur. Kesimpulan yang diperoleh yakni: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan konvensional terhadap hasil belajar; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa; dan 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

References

Armiyati, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Membaca dengan Menggunakan Metode Diskusi pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Tinauka. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 138-151.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fajriana, A. W. & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246-265.

Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88-97.

Gagatsis, A. & Kyriakides, L. (2000). Teachers’ Attitudes Towards Their Pupils’ Mathematical Errors. Educational Research and Evaluation, 6(1), 24-58.

Halim, D., Humairah, Q., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Solving Math Methods: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Komunikasi Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 103-111.

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran (H. Sofiyanto (ed.)). Bandung: Refika Aditama.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 12, 78-88. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartini, H. & Sukardjo, S. (2015). Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 86-101.

Helvetia, T., Jalinus, N., & Refdinal, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 111-117.

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84-89.

Khoshaim, H. B. (2018). Inattentive Students Errors in Mathematics: Alarming Repetition. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(11), 135-153.

Kodariyati, L. & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.

Leonindita, S., Fitria, R., Fitriani, A., Muktafi, M. R., Aliyyunisa, N., & Rahmawati, F. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII pada Materi Baris dan Deret Ditinjau dari Pemahaman Konsep. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 135-142.

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92-102.

Mahrus, A. (2013). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 263-294.

Miftahussaadah, M. & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 97-107.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik (A. Nuryanto (ed.)). Yogyakarta: UNY Press.

Nurhayati, N. & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497-502.

Pingge, H. D. & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 107-122.

Rusman, R. (2018). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sihombing, A. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menggambar Konstruksi Penutup Atap Bangunan Gedung Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas XI SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Warta Edisi, 57.

Srinawati, R. & Achmad, F. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Labakkang. Momentum: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 09(1), 121-149.

Suhendri, H. & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Supardi, U. S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 31(2), 244-255.

Susilowati, W. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 211-216.

Widiati, N., Syaifuddin, S., & Kusumawati, N. I. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 198-206.

Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58-67.

Zunanda, M. & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63-70.

Downloads

Published

2022-06-30