Psychological Well Being Perilaku Anorexia Nervosa pada Mahasiswi

Authors

  • Nia Nurulita IAIN Surakarta
  • Galih Fajar Fadillah IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.11272

Abstract

Kesejahteraan  psikologis  atau  psychological  well being  merupakan  atribut  psikologi  yang perlu  dikenal  dan  diperhatikan  bagi           perkembangan  mahasiswi  dewasa  ini.  Psychological  Well Being   erat kaitannya  dengan kemampuan  mahasiswi  untuk mengembangkan  diri di lingkungan kampus  melalui  kemampuan                             yang dimilikinya,  alih-alih  mempermasalahkan  kekurangan  dalam dirinya. Sebagai seorang mahasiswi  tentu memiliki hambatan  dan tantangan  yang berbeda-beda. Salah satu permasalahan  yang dihadapi  oleh mahasiswi  adalah perilaku  anorexia  nervosa.  Pada studi pendahuluan peneliti menjumpai beberapa mahasiswi mengindikasikan berperilaku  anorexia nervosa,  dengan  alasan  untuk  menjaga  penampilan.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui kondisi psychological well being perilaku anorexia nervosa pada mahasiswi.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  fenomenologi.   Penelitian  dilaksanakan  di Wisma-wisma  Desa Pucangan,  Kartasura  pada bulan Januari sampai Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiwi yang berperilaku anorexianervosa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian  ini  dilakukan  dengan  cara  wawancara  dan  observasi.  Teknik  keabsahan  data  yang digunakan adalah  triagulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari  hasil  penelitian   ini  menunjukkan   mahasiswi   dengan  perilaku   anorexia   nervosa cenderung   kurang   sejahtera   secara   psikologis   akibat   adanya   tindakan   body   shaming   yang menimbulkan mahasiswi tersebut kurang percaya diri di lingkungannya sehingga tidak dapat memaksimalkan      potensinya.  Mahasiswi  dengan  perilaku                                 anorexia  nervosa  memiliki                   dimensi psychological well being yang sudah terbentuk pada aspek hubungan positif dengan orang lain dan tujuan hidup.   Dimensi psychological  well being pada kondisi berkembang   yakni pada dimensi otonomi dan pertumbuhan pribadi. Dimensi psychological well being yang belum terbentuk pada penerimaan diri dan penguasaan terhadap lingkungan. Sehingga sangat diperlukan dukungan dari lingkungan  untuk bisa meningkatkan  penerimaan  diri pada mahasiswa  dengan perilaku anorexia nervosa.

Downloads

Published

2023-03-28 — Updated on 2023-03-28

Versions

How to Cite

Nurulita, N., & Fadillah, G. F. (2023). Psychological Well Being Perilaku Anorexia Nervosa pada Mahasiswi. Jurnal Wahana Konseling, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.11272