Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Kecanduan Penggunaan Gadget pada Siswa

Authors

  • Kun Widya Nurfiani Universitas Slamet Riyadi
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Eko Adi Putro Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.12273

Keywords:

Bimbingan Konseling, interaksi sosial, Kecanduan Gadget

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara interaksi sosial dengan kecanduan penggunaan Gadget pada siswa kelas IX SMP N 18 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IX SMP N 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 236 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik pokok yaitu angket dan teknik bantu atau penunjang yakni dokumentasi dan observasi. Metode pokok angket digunakan untuk memperoleh data tentang interaksi sosial dan kecanduan penggunaan gadget. Sedangkan metode bantu seperti dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data-data siswa yang akan menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson dengan bantuan statistik SPSS.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai r hitung sebesar -0,364 kemudian nilai r hitung tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan N = 60 dan taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 0,254 dan 0,330 ternyata hasil analisis data yang diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,254< -0,364 > 0,330.

Dengan demikian hipotesis nihil atau Ho ditolak dan hipotesis kerja atau Ha diterima kebenarannya yakni "Ada hubungan negatif dan signifikan Interaksi Sosial dan Kecanduan Penggunaan Gadget pada siswa kelas IX SMP N 18 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023", diterima kebenarannya baik pada taraf signifikansis 5% dan 1%.

 

Kata kunci: Hubungan, Interaksi Sosial, Kecanduan Penggunaan Gadget

 

 

References

Dagun, S. M. (2002). Psikologi Keluarga(cetakan kedua). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara academic stress dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.

Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11–20.

Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191–205.

Shrivastava, A., Sharma, M. K., & Marimuthu, P. (2018). Internet addiction at workplace and it implication for workers life style: Exploration from Southern India. Asian Journal of Psychiatry, 32, 151–155.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wahyuliarmy, A. I., & Sari, C. A. K. (2021). Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial. IDEA: Jurnal Psikologi, 5(2), 100–114.

Wijaya, L. D. C., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa Kauman Kidul Salatiga. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 47–59.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Additional Files

Published

2023-03-28

How to Cite

Widya Nurfiani, K., Grahito Wicaksono, A., & Adi Putro, E. (2023). Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Kecanduan Penggunaan Gadget pada Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(1), 75–83. https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.12273