Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Kecanduan Penggunaan Gadget pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.12273Keywords:
Bimbingan Konseling, interaksi sosial, Kecanduan GadgetAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara interaksi sosial dengan kecanduan penggunaan Gadget pada siswa kelas IX SMP N 18 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IX SMP N 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 236 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik pokok yaitu angket dan teknik bantu atau penunjang yakni dokumentasi dan observasi. Metode pokok angket digunakan untuk memperoleh data tentang interaksi sosial dan kecanduan penggunaan gadget. Sedangkan metode bantu seperti dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data-data siswa yang akan menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson dengan bantuan statistik SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai r hitung sebesar -0,364 kemudian nilai r hitung tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan N = 60 dan taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 0,254 dan 0,330 ternyata hasil analisis data yang diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,254< -0,364 > 0,330.
Dengan demikian hipotesis nihil atau Ho ditolak dan hipotesis kerja atau Ha diterima kebenarannya yakni "Ada hubungan negatif dan signifikan Interaksi Sosial dan Kecanduan Penggunaan Gadget pada siswa kelas IX SMP N 18 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023", diterima kebenarannya baik pada taraf signifikansis 5% dan 1%.
Kata kunci: Hubungan, Interaksi Sosial, Kecanduan Penggunaan Gadget
References
Dagun, S. M. (2002). Psikologi Keluarga(cetakan kedua). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara academic stress dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.
Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11–20.
Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191–205.
Shrivastava, A., Sharma, M. K., & Marimuthu, P. (2018). Internet addiction at workplace and it implication for workers life style: Exploration from Southern India. Asian Journal of Psychiatry, 32, 151–155.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wahyuliarmy, A. I., & Sari, C. A. K. (2021). Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial. IDEA: Jurnal Psikologi, 5(2), 100–114.
Wijaya, L. D. C., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa Kauman Kidul Salatiga. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 47–59.
Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kun Widya Nurfiani, Anggit Grahito Wicaksono, Eko Adi Putro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.