Hubungan Antara Self Control dengan Kecenderungan Nomophobia pada Siswa

Authors

  • Triyarsi Wiharko Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Eko Adi Putro Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.12281

Keywords:

Hubungan, Self Control, Kecenderungan Nomophobia

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode angket, observasi, dan wawancara merupakan metode pokok yang digunakan untuk memperoleh data tentang self control dan kecenderungan nomophobia. Sedangkan metode dokumentasi adalah metode bantuan. Selain itu, teknik analisis yang digunakan adalah normalitas dan  korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data tentang hubungan self control dan kecenderungan nomophobia siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan uji normalitas data tersebut berdistribusi normal dan diperoleh nilai r hitung yaitu sebesar = 0,420. Selanjutnya nilai r hitung tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan N = 60 dan taraf signifikasi 5% dan 1% yaitu 0,254 dan 0,330 ternyata hasil analisis data yang diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,254 < 0,420 > 0,330. Sehubungan dengan hal tersebut, maka hipotesis nihil atau Ho yang berbunyi : “Tidak Ada Hubungan antara Self Control dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023” tidak terbukti dan hipotesis kerja atau Ha diterima yang berbunyi : “Ada Hubungan antara Self Control dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023”, diterima kebenarannya baik pada taraf sigifikansi 5% dan 1%.

References

Agusta, D. (2016). Faktor-faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3).

Ahmad, H. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2).

Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan jauh dari smartphone (nomophobia) pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 15–20.

Enez, Ö. (2021). The Phobia of the Modern World: Nomophobia:" Conceptualization of Nomophobia and Investigation of Associated Psychological Constructs".

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Mudalifah, K., & Madhuri, N. I. (2019). Pengaruh kontrol diri dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stkip pgri tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 9(2), 91–98.

Perang, B., & Gertrudis, Y. P. (2022). Hubungan Self-Control dengan Nomophobia pada Mahasiswa Program Sarjana Keperawatan di Kota Makassar. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 468–477.

Pranata, D., Ferdiansyah, M., & Sari, S. P. (2020). Gambaran Self Control Siswa Pelanggar Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 1 Lubai. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 80–89.

Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep nomophobia pada remaja generasi Z. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 21–26.

Wahyuningsih, J., Putri, R. D., & Sari, S. P. (2022). Konseling Realitas untuk Meningkatkan Self Control Siswa Nomophobia di SMK Negeri 7 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 150–156.

Additional Files

Published

2023-03-28

How to Cite

Wiharko, T., Grahito Wicaksono, A., & Adi Putro, E. (2023). Hubungan Antara Self Control dengan Kecenderungan Nomophobia pada Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.31851/juang.v6i1.12281