Hubungan Intensitas Penggunaan Whatsapp terhadap Sikap Overthinking pada Siswa

Authors

  • Marimbun Marimbun IAIN Langsa
  • Hera Safira Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13189

Keywords:

Intensitas, WhatsApp, Overthinking

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran intensitas penggunaan WhatsApp, gambaran sikap overthinking dan hubungan intensitas penggunaan WhatsApp terhadap sikap overthinking pada siswa SMA N 1 Rantau Selamat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasional. Analisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment, Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Rantau Selamat yang berjumlah 116 orang di tahun 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil gambaran intensitas penggunaan WhatsApp yaitu 39% berada pada kategori sedang. Gambaran sikap overthinking siswa yaitu 69% berada pada kategori sedang. Selanjutnya Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan WhatsApp terhadap sikap overthinking pada Siswa SMA N 1 Rantau Selamat

References

Abimanyu, S. (2018). Life is choice. Laksana.

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1).

Arif, M., & Syafrini, D. (2022). Motif Self Disclosure Mahasiswa Melalui Instagram Story (Studi: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNP). Jurnal Perspektif, 5(3), 394-403.

Asyaky, M. S., Widiyasono, N., & Gunawan, R. (2018). Analisis dan Perbandingan Bukti Digital Aplikasi Instant Messenger Pada Android. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 3(1), 220-231.

Buntaran, F. A. A., & Helmi, A. F. (2015). Peran Kepercayaan Interpersonal Remaja Yang Kesepian Dalam Memoderasi Pengungkapkan Diri Pada Media Jejaring Sosial Online. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(2), 106-119. doi: 10.22146/gamajop.7348

Defina, D. (2022). Bahasa Informal dalam WhatsApp Grup sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa Bagi Pemelajar BIPA di Indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(2), 521-533.

Devi, S. S., & Siswati, S. (2018). Hubungan Antara Pengungkapan Diri Melalui Media Sosial Whatsapp Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Semester Empat SMA Negeri 1 Salatiga (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).

Dewi, E. P. (2022). Manajemen Pemasaran Hasil Pengelolaan Bank Sampah Melalui E-commerce. Pale Media Prima.

Dwinanda, M. V., Rianto, P., & Sari, G. G. (2022). Instagram dan Ketidakamanan Sosial: Pengalaman Remaja Perempuan Kelas Bawah di Rejang Lebong. Jurnal Komunikasi Global, 11(2), 323-347.

Efendi, R. P. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2016) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16733

Elisah, E., & Rodliyana, D. (2021). Design Thinking penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah inspirasi hadits Nabi SAW. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 4, pp. 43-51). UIN Sunan Gunung Djati.

Fauzi, R. (2017). Perubahan Budaya Komunikasi pada Pengguna Whatsapp di Era Media Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1), 265273.

https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/26688/16985

Johari, M. H., Baharuddin, A. S., & Ihwani, S. S. (2019). Media Sosial dan Kelestarian Penggunaan Menurut Islam. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.

Jumrad, O. T., & Sari, I. D. M. (2019). Fungsi Komunikasi dalam Organisasi melalui Group Chat Whatsapp Oriflame. Jurnal Common, 3(1), 104-114.

Mukit, A., & Sa'diyah, M. Motif Upload Story Di Media Sosial Whatsapp: Studi Etnografi Virtual Upload Story Mahasiswa IAIN Jember. Jurnal Sosiologi Agama, 13(1), 137-149. doi: http//dx.doi.org/10.14421/

Novitasari, I. (2023). Pola Komunikasi Pada Relasi" Sugar Baby Dan Sugar Daddy" Di Kota Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/8449

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Pangestika, N. L. (2018). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap penyebaran informasi pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41759

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50-60.

Sofia, L., Ramadhani, A., Putri, E. T., & Nor, A. (2020). Mengelola Overthinking untuk Meraih Kebermaknaan Hidup. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 118.

Thursina, F. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Siswa Pada Salah Satu SMAN di Kota Bandung. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 1(1), 19-30.

Widia, R. (2020). You Are Overthinking!: Pada Dasarnya, Semua Akan Baik-baik Saja. Anak Hebat Indonesia.

Wuriyanti, O., & Febriana, P. (2022). Problematika Penggunaan New Media (Whatsapp) di Kalangan Lansia Sebagai Media Bertukar Pesan di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 16(2), 161-175.

Yulianti, N. M. R., & Juniartha, M. G. (2022). Pranayama Nadi Sodhana untuk Meredakan Overthinking. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 6(1), 58-68.

Additional Files

Published

2023-10-06

How to Cite

Marimbun, M., & Safira, H. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Whatsapp terhadap Sikap Overthinking pada Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 99–108. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13189