Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid

Authors

  • Mutiara Putri Chandra Mutiara
  • Rasimin Rasimin Universitas Negeri Jambi
  • Muhammad Alridho Lubis Universitas Negeri Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13191

Keywords:

Minat Belajar, Pasca Covid, Layanan Informasi, Media Audio Visual

Abstract

Minat belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu dalam menunjukan kertetarikan terhadap suatu aktivitas belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi menunjukkan hasil belajar yang tinggi pula. Virus Covid-19 telah memberikan dampak terhadap minat belajar siswa di era pasca Covid. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Minat Belajar Dengan Penerapan Layanan Informasi menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid Pada Siswa Kelas VIII E SMPN 18 Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP 18 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan (PTL) menggunakan angket pre dan post-test. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2   kali pertemuan dalam layanan informasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Meningkatkan Minat Belajar Dengan Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan siklus I pertemuan I hasil persentase pre- test yaitu 68%, kemudian hasil persentase post-test yang didapat yaitu menjadi 71%. Pada siklus II dengan hasil persentase 75%. Siklus III hasil persentase yang di dapat yaitu 80%.  Lembar observasi setiap siklus dalam melaksanakan tindakan layanan siklus I pertemuan I memperoleh persentase 68%, kemudian pada siklus I pertemuan II menjadi 72%. Siklus II pertemuan I persentase yang di dapat 74%, pada siklus II pertemuan II menjadi 79%. Siklus III pertemuan I memperoleh persentase 87%, serta  pada siklus III pertemuan II naik menjadi 92%.

References

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling.

Faisal, S. A., Dahlan, S., & Andrianto, E. R. (2019). Pengaruh Film Laskar Pelangi Pada Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Febriliani, L., & Jaino. (2018). Hubungan Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15809

Jamin, H., Abidah, & Musrita. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Di Era New Normal ( Studi Kasus Min 2 Aceh Barat ). Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 2, Nomor 1).

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah.

Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736

Silvany, N., Dianto, M., & Suryadi. (2021). Pengaruh Media Bimbingan dan Konseling Terhadap Motivasi Berprestasi di Kelas Xi SMA N 1 Pariaman The Effect Of Media Guidance And Counseling On Achievement Motivation In Class Xi SMA N 1 Pariaman. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 4(2).

Susanti, S. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Ips di SMA Negeri 1 Rambatan.

Sutja, A. (2021). Penelitian Tindakan Layanan.

Sutja, A., Emosda, Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling.

Wirawan, I. K. A. (2020). Memaksimalkan Layanan Informasi Berbasis Media Audio Visual: Suatu Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP. 1.

Wulansyah, B. (2019). Pengaruh Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Kikim Selatan. JUANG :Jurnal Wahana Konseling, 2(2).

Yanti, O., & Zaini, A. (2016). Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru Bk Dalam Menciptakan Disiplin Belajar Peserta Didik Di Kelas Xi Sman 2 Sijunjung.

Additional Files

Published

2023-10-16

How to Cite

Chandra, M. P., Rasimin, R., & Alridho Lubis, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13191