Hubungan Konsep Diri dengan Pemilihan Karir Siswa

Authors

  • Ikri Maya Universitas Jambi
  • K.A Rahman
  • Freddi Sarman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13197

Keywords:

Siswa, Konsep diri, Pemilihan Karir

Abstract

Konsep diri adalah gambaran individu mengenai dirinya sendiri yang merupakan gabungan dari keyakinan fisik, psikologis, sosial emosional aspiratif dan prestasi yang ingin dicapainya.Pemilihan karir adalah pemahaman terkait keputusan individu untuk mencapai tujuan-tujuan dari dunia kerja maupun pengetahuan dan penalaran dunia kerja yang realistis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan pemilihan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling sampel sebanyak 162 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner variable X 20 item dan variabel Y 15 item. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, hipotesis dan analisis korelasi dengan bantuan SPSS.22. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan pemilihan karir dengan hasil persentase variabel konsep diri sebesar 64% pada kategori sedang dan hasil persentase variabel Pemilihan karir sebesar 69% di kategori tinggi. Hasil analisi korelasi antara variabel konsep diri dengan pemilihan karir r hitung sebesar 0,456 dan r tabel 0,1293. Yang berarti ha diterima, 0,456>01293 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang memadai antara konsep diri dengan pemilihan karir.

Kata kunci: Siswa, Konsep diri, Pemilihan Karir,

References

Afrizawati, A., Anggraini, A., & Nurhayati, R. (2021). Hubungan Konsep Diri Dan Penyesuaian Sosial Dengan Self Regulated Learning Di Era Pandemi Covid- 19. Jurnal AS-SAID, 1(2), 13–24.

Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang. Jurnal EMPATI, 8(1), 87–92. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23579

Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52–62. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/consilium

Dewi, P., Utami, S., & Rufaidah, A. (2023). Perencanaan karier siswa ditinjau dari konsep diri. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.30998/ocim.v3i1.9000

Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). Pemilihan Karir Berdasarkan Kepribadian pada Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 21–30.

Ginting, S. B. B. (2022). Hubungan Kematangan Emosi dengan Pilihan Karir Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Universitas Negeri Jambi.

Harlock, H. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga.

Nasir, R., & Lin, L. S. (2012). The relationship between self-concept and career awareness amongst students. Asian Social Science, 9(1), 193–197. https://doi.org/10.5539/ass.v9n1p193

Nugroho, R. H. (2023). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN RENCANA PILIHAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMAS ALHUDA JATI AGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Universitas Lampung.

Oktavia, C. (2021). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PILIHAN KARIER PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016 JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Purwandika, R., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kematangan Karir Peserta Didik Sma. Jurnal Ecopsy, 7(2), 26–30. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v7i2.6543

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210

Santrock, J. W. (2003). Adolesence : Perkembangan Remaja Edisi Enam (Enam). Eralngga.

Sutja, A., Emosda, E., Herlambang, S., & Nelyahardi, N. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling (E. Emosda (ed.)). Penerbit Writing Revolution.

Wutsqo, B. U., Rizky, D. M., & Hidayat, D. R. (2020). Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 54–60. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27391

Yulianti, R., Rahmi, A., & Wae, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 112–117. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.603

Additional Files

Published

2023-11-18

How to Cite

Maya, I., Rahman, K., & Sarman, F. (2023). Hubungan Konsep Diri dengan Pemilihan Karir Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 143–151. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13197