Hubungan Konsep Diri dengan Pemilihan Karir Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13197Keywords:
Siswa, Konsep diri, Pemilihan KarirAbstract
Konsep diri adalah gambaran individu mengenai dirinya sendiri yang merupakan gabungan dari keyakinan fisik, psikologis, sosial emosional aspiratif dan prestasi yang ingin dicapainya.Pemilihan karir adalah pemahaman terkait keputusan individu untuk mencapai tujuan-tujuan dari dunia kerja maupun pengetahuan dan penalaran dunia kerja yang realistis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan pemilihan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling sampel sebanyak 162 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner variable X 20 item dan variabel Y 15 item. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, hipotesis dan analisis korelasi dengan bantuan SPSS.22. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan pemilihan karir dengan hasil persentase variabel konsep diri sebesar 64% pada kategori sedang dan hasil persentase variabel Pemilihan karir sebesar 69% di kategori tinggi. Hasil analisi korelasi antara variabel konsep diri dengan pemilihan karir r hitung sebesar 0,456 dan r tabel 0,1293. Yang berarti ha diterima, 0,456>01293 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang memadai antara konsep diri dengan pemilihan karir.
Kata kunci: Siswa, Konsep diri, Pemilihan Karir,
References
Afrizawati, A., Anggraini, A., & Nurhayati, R. (2021). Hubungan Konsep Diri Dan Penyesuaian Sosial Dengan Self Regulated Learning Di Era Pandemi Covid- 19. Jurnal AS-SAID, 1(2), 13–24.
Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang. Jurnal EMPATI, 8(1), 87–92. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23579
Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52–62. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/consilium
Dewi, P., Utami, S., & Rufaidah, A. (2023). Perencanaan karier siswa ditinjau dari konsep diri. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.30998/ocim.v3i1.9000
Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). Pemilihan Karir Berdasarkan Kepribadian pada Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 21–30.
Ginting, S. B. B. (2022). Hubungan Kematangan Emosi dengan Pilihan Karir Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Universitas Negeri Jambi.
Harlock, H. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga.
Nasir, R., & Lin, L. S. (2012). The relationship between self-concept and career awareness amongst students. Asian Social Science, 9(1), 193–197. https://doi.org/10.5539/ass.v9n1p193
Nugroho, R. H. (2023). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN RENCANA PILIHAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMAS ALHUDA JATI AGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Universitas Lampung.
Oktavia, C. (2021). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PILIHAN KARIER PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016 JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Purwandika, R., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kematangan Karir Peserta Didik Sma. Jurnal Ecopsy, 7(2), 26–30. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v7i2.6543
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210
Santrock, J. W. (2003). Adolesence : Perkembangan Remaja Edisi Enam (Enam). Eralngga.
Sutja, A., Emosda, E., Herlambang, S., & Nelyahardi, N. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling (E. Emosda (ed.)). Penerbit Writing Revolution.
Wutsqo, B. U., Rizky, D. M., & Hidayat, D. R. (2020). Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 54–60. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27391
Yulianti, R., Rahmi, A., & Wae, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 112–117. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.603
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ikri Maya, K.A Rahman, Freddi Sarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.