Efektivitas Teknik Modeling Simbolik pada Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 17 Kota Jambi

Authors

  • Aditia Purnomo universitas jambi
  • Rasimin Rasimin
  • Muhammad Ferdiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13360

Abstract

Sesuai dengan permasalahan klient. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan teknik modeling simbolik pada layanan informasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen (quasi eksperimen) Teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah cara yang sangat mudah di lakukan oleh tenaga pendidik ataupun fasilitator dengan memberikan contoh model berupa vidio,photo, ataupun power point siswa/responden akan melihat,observasi dan menirukan apa yang di berikan dengan pendekatan kuantitatif. Design penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk nonequivalent kontrol Group Design yaitu Design yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan, dan diberikan posttest setelah dikenakan perlakuan di setiap masing masing kelompok untuk di lihat perbandingan nya namun sampel yang di ambil secara tidak acak. Penelitian di lakukan di SMPN 17 Kota Jambi. Teknik penarikan sample yang di gunakan yaitu dengan purposive sampling yang mana sample di ambil berdasarkan tujuan atau karakteristik khusus sesuai dengan yang di teliti. Jumlah sampel yang di gunakan yaitu 70 siswa yang mana itu di bagi menjadi dua kelompok. Teknik dan pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji persentase dan kontinum interval normatif (KIN) dan di lanjutkan dengan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkna bahwa teknik modeling simbolik efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan uji pretest 427 dengan rata rata 12 di kategori rendah dan hasil persentase 40,6% dan uji posttest dengan skor 722 dengan rata rata 21 di kategori sedang dan hasil persentase 68,7%, selanjutnya di uji dengan T test yang mana hasilnya Angka Thitungnya adalah 2,580 berdasarkan hasil perhitungan diatas, nilai Ttabel sebesar 2,034 dengan Sig. (2-tailed) 0,05. Thitung > Ttabel, dan hipotesis didukung dengan adanya nilai sig 2-tailed sebesar 0,012 < 0,05 sehingga dinyatakan Teknik modeling simbolik dapat menigkatkan kepercayaan diri siswa atau ada perbedaan, dengan hasil itu menunjukkan adanya kenaikkan tinggkat kepercayaan diri siswa dari rendah ke sedang.

References

Abd Rahman Bp, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2, 1–8.

Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasidunia, 2, 1–9.

Febri, T., Siti, A., & Rizal3, A. (2022). Bimbingan Kelompok Layanan Informasi Sebagai Upaya Pencegahan Seks Bebas Pada Siswa Sma. In Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun (Vol. 05, Issue 01). Http://Ejournal.Undar.Ac.Id/Index.Php/Thalaba

Febrianti, E. A., & Nawantara, R. D. (2022). Teknik Modeling Simbolis (Alternatif Strategi Pelaksanaan Layanan Konseling Di Sekolah).

Handari, A. F., Santosa, B., Studi, P., Konseling, B., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self Efficacy Karir Remaja. Pendidikan Tambusuai, 6.

Pangestu, R. A., Sutirna), Universitas, M., Karawang, S., Ronggowaluyo, J. H., Timur, K. T., Karawang, K., Barat 41361, J., Universitas, D., & Waluyo, J. H. R. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika 1). In Maret (Vol. 8, Issue 1).

Prayitno, Mungin, Marjohan, Heru M, & Ifdil. (2015). Pembelajaran Melalui Pelayanan Bk Di Satuan Pendidikan (1st Ed., Vol. 1). Paramitra.

Risnawati, R., & Salahuddin, S. (2022). Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 39–44. Https://Doi.Org/10.30998/Ocim.V2i1.6777

Roro, R., Fabiani, M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, & Mohammad Adnan Latief. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Erni Munastiwi & Havid Ardi, Eds.; 1st Ed., Vol. 1). Erhaka Utama.

Silvany, N., Dianto, M., & Pgri Sumatera Barat, S. (2021). Pengaruh Media Bimbingan Dan Konseling Terhadap Motivasi Berprestasi Di Kelas Xi Sma N 1 Pariaman The Effect Of Media Guidance And Counseling On Achievement Motivation In Class Xi Sma N 1 Pariaman. In Juang: Jurnal Wahana Konseling (Vol. 4, Issue 2).

Sutja, Akmal. (2016). Teori Dan Aplikasi Konseling (J. M & J. Wr, Eds.; Cetakan 1). Wahana Resolusi.

Sutja, A., Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi (Emosda, Ed.; 1st Ed.). Wahana Resolusi.

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. Bin. (2017). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling.

Wulansyah, B., Negeri, S., & Selatan, K. (2019). Pengaruh Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Kikim Selatan (Vol. 2, Issue 2).

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Purnomo, A., Rasimin, R., & Ferdiansyah, M. (2023). Efektivitas Teknik Modeling Simbolik pada Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 17 Kota Jambi. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 120–133. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13360