Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Pendekatan Talking Stick

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13493

Keywords:

kepercayaan diri, mengemukakan pendapat, talking stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan Talking Stick dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA untuk mengemukakan pendapat di kelas. Kepercayaan diri merupakan elemen kunci dalam pendidikan yang memengaruhi partisipasi aktif siswa dan keberhasilan proses belajar. Kurangnya kepercayaan diri dapat menyebabkan masalah psikologis dan sosial yang serius. Metodologi yang digunakan meliputi desain quasi-eksperimental, dengan rancangan yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Arjasa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling, analisa data hasil penelitian menggunakan uji statistik deskriptif dan analisis statistik uji t atau uji beda (t test) dengan dua rata-rata (paired-samples t test) dengan alat uji menggunakan software SPSS 22.  Diperoleh hasil analisis uji t dengan sampel berpasangan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai Signifikansi (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kepercayaan diri untuk menyampaikan pendapat. Temuan dari studi ini bisa menjadi informasi yang berguna bagi guru bimbingan dan konseling serta para profesional di bidang tersebut. Informasi ini dapat dianggap sebagai faktor pertimbangan dalam pengembangan dan penerapan strategi bimbingan dan konseling yang efektif, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa, siswa, atau individu yang mengalami isu kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat, baik yang berada pada level rendah, menengah, ataupun tinggi.

References

Bakhtiar, N. B., Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 3(2), 69–82.

Bandura, A., & Hall, P. (2018). Albert bandura and social learning theory. Learning Theories For Early Years Practice, 63.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Maynawati, A. F. R. N. (2023). Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Klasikal Secara Daring di SMP Swasta Se-Kabupaten Wonogiri: Implementation Of Online Clasical Guidance Services At Private Junior High Schools In Wonogiri Regency. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 61–66.

Nofianti, D. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas III SDN Pademawu Timur V. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

Novianti, I., Purwoko, R. Y., & Darminto, B. P. (2019). Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Pemecahanan Masalah. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 75–84.

Olivantina, R. A., Olivantina, O., & Suparno, S. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Stick. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 331–340.

Ornelia, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40.

Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POSTER. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425.

Surveyni, Y., Nurbaity, N., & Nelissa, Z. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMA Melalui Teknik Cognitive Restructuring. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4132–4138.

Sutiono, S., & Damayanti, A. (2022). THE RELATIONSHIP BETWEEN THE TALKING STICK METHOD WITH STUDENT’S MOTIVATION TO STUDY (Survey on Akidah Akhlak Subjects at MTs Nurul Islam Bekasi). Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(2), 338–369.

Tripathy, D. M., & Srivastava, S. K. (2012). To study the effect of academic achievement on the level of self–confidence. Tripathy, M., & Srivastava, SK (2012). To Study the Effect of Academic Achievement on the Level of Self–Confidence. International Journal of Yoga and Allied Sciences, 1(1), 33–45.

Verrawati, A. J., Mustadi, A., & Wuryandani, W. (2021). Cooperative learning model talking stick type: To improve speaking skills? In Educational Innovation In Society 5.0 Era: Challenges And Opportunities (pp. 186–191). Routledge.

Wijaya, D. W., Saputri, D. N. G., & Wicaksono, A. B. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI. Sebatik, 26(1), 239–248.

Wiza, R. P., Areva, D., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMAN 1 Bungo. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(4), 407–421.

Additional Files

Published

2023-11-16

How to Cite

Ulfa Waqia, Soejanto, L. T., & Khairul bariyyah. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Pendekatan Talking Stick. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 134–142. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13493