Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Pendekatan Talking Stick
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13493Keywords:
kepercayaan diri, mengemukakan pendapat, talking stickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan Talking Stick dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA untuk mengemukakan pendapat di kelas. Kepercayaan diri merupakan elemen kunci dalam pendidikan yang memengaruhi partisipasi aktif siswa dan keberhasilan proses belajar. Kurangnya kepercayaan diri dapat menyebabkan masalah psikologis dan sosial yang serius. Metodologi yang digunakan meliputi desain quasi-eksperimental, dengan rancangan yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Arjasa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling, analisa data hasil penelitian menggunakan uji statistik deskriptif dan analisis statistik uji t atau uji beda (t test) dengan dua rata-rata (paired-samples t test) dengan alat uji menggunakan software SPSS 22. Diperoleh hasil analisis uji t dengan sampel berpasangan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai Signifikansi (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kepercayaan diri untuk menyampaikan pendapat. Temuan dari studi ini bisa menjadi informasi yang berguna bagi guru bimbingan dan konseling serta para profesional di bidang tersebut. Informasi ini dapat dianggap sebagai faktor pertimbangan dalam pengembangan dan penerapan strategi bimbingan dan konseling yang efektif, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa, siswa, atau individu yang mengalami isu kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat, baik yang berada pada level rendah, menengah, ataupun tinggi.
References
Bakhtiar, N. B., Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 3(2), 69–82.
Bandura, A., & Hall, P. (2018). Albert bandura and social learning theory. Learning Theories For Early Years Practice, 63.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Maynawati, A. F. R. N. (2023). Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Klasikal Secara Daring di SMP Swasta Se-Kabupaten Wonogiri: Implementation Of Online Clasical Guidance Services At Private Junior High Schools In Wonogiri Regency. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 61–66.
Nofianti, D. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas III SDN Pademawu Timur V. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Novianti, I., Purwoko, R. Y., & Darminto, B. P. (2019). Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Pemecahanan Masalah. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 75–84.
Olivantina, R. A., Olivantina, O., & Suparno, S. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Stick. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 331–340.
Ornelia, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40.
Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POSTER. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425.
Surveyni, Y., Nurbaity, N., & Nelissa, Z. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMA Melalui Teknik Cognitive Restructuring. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4132–4138.
Sutiono, S., & Damayanti, A. (2022). THE RELATIONSHIP BETWEEN THE TALKING STICK METHOD WITH STUDENT’S MOTIVATION TO STUDY (Survey on Akidah Akhlak Subjects at MTs Nurul Islam Bekasi). Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(2), 338–369.
Tripathy, D. M., & Srivastava, S. K. (2012). To study the effect of academic achievement on the level of self–confidence. Tripathy, M., & Srivastava, SK (2012). To Study the Effect of Academic Achievement on the Level of Self–Confidence. International Journal of Yoga and Allied Sciences, 1(1), 33–45.
Verrawati, A. J., Mustadi, A., & Wuryandani, W. (2021). Cooperative learning model talking stick type: To improve speaking skills? In Educational Innovation In Society 5.0 Era: Challenges And Opportunities (pp. 186–191). Routledge.
Wijaya, D. W., Saputri, D. N. G., & Wicaksono, A. B. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI. Sebatik, 26(1), 239–248.
Wiza, R. P., Areva, D., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMAN 1 Bungo. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(4), 407–421.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ulfa Waqia, Laily Tiarani Soejanto, Khairul bariyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.