Pencapaian Identitas Diri Bidang Karir Siswa SMK PGRI Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13802Keywords:
Identitas Diri, Pencapaian, Identitas KarirAbstract
Identitas diri bidang karir merupakan salah satu tahapan dimana seorang individu berada pada fase remaja yaitu dimana ia mampu memahami dan mengenali segala hal yang berkenaan dengan dirinya sendiri. Seperti memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki,memahami bahwasanya setiap individu itu berbeda, dan adanya kemampuan untuk mengambil keputusan terkait dengan pilihan hidupnya, serta memahami apa yang diri sendiri butuhkan terkhusus pada bidang karir. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana gambaran pencapaian identitas diri bidang karir aspek eksplorasi dan aspek komitmen siswa disekolah tersebut. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X, XI, dan XII yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Dan didapatkan sampel 30% dari populasi yang ada, sehingga didapatkan sampel sebanyak 144 siswa.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket skala identitas karir aspek eksplorasi dan komitmen kemudian diolah dan dilakukan analisis deskriptif. Pencapaian identitas diri bidang karir aspek eksplorasi dan komitmen siswa SMK PGRI Pekanbaru, berada pada status identitas forclosure yaitu siswa tidak melakukan eksplorasi akan tetapi telah berkomitmen dengan suatu pilihan karir.
References
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19. https://doi.org/10.31289/jab.v4i2.1818
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.
Batool, S. S., & Ghayas, S. (2020). Process of career identity formation among adolescents: components and factors. Heliyon, 6(9), e04905. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04905
Coyanda, J. R., Ricoida, D. I., & Verano, D. A. (2023). Pelaksanan Ujian Kompetensi IT dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMKN Suak Tapeh Banyuasin. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.858
Dian ratna sawitri. (2009). Pengaruh Status Identitas Dan Efikasi Diri Keputusan Karir Terhadap Keraguan Mengambil Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 5(2).
Diyah, Triani, sandy, A. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Erikson, E., & C. A. (1989). Identitas dan siklus hidup manusia. bunga rampai.
Fitri, F. H., & Rahmi, E. (2023). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7015–7025. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7332
Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580
Kamil, B., & Daniati, D. (2017). Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 185–196. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.565
Lapointe, K. (2010). Narrating Career, Positioning Identity : Career Identity As a Narrative Practice. Journal Of Vocational Behavior, 77(1), 1–12.
Marcia, J.E., Waterman. A.S., Matesson, D.R Archer, S. L. & O. J. L. (1993). Ego Identity : A handbook for phsychososial research springer.
Maya, I., Rahman, K. A., & Sarman, F. (2023). Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Karir Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 143–151.
Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2017). Kematangan Karier Siswa Smk Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jurusan. Humanitas, 13(2), 112. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i2.6067
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). alfabeta.
Widia Monika, S., & Andi Kiswanto, dan. (2019). Program Bimbingan Karier Untuk Mengembangkan Identitas Karier Siswa Smk. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 75–87. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Yenes, E., Yusuf, A. M., & Afdal. (2012). Bimbingan Karir Bagi Siswa SMK Sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 95–101.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adevia Aprilia Riswana, Tri Umari, Khairiyah Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.