Pencapaian Identitas Diri Bidang Karir Siswa SMK PGRI Pekanbaru

Authors

  • Adevia Aprilia Riswana universitas riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Khairiyah Khadijah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13802

Keywords:

Identitas Diri, Pencapaian, Identitas Karir

Abstract

Identitas diri bidang karir merupakan salah satu tahapan dimana seorang individu berada pada fase remaja yaitu dimana ia mampu memahami dan mengenali segala hal yang berkenaan dengan dirinya sendiri. Seperti memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki,memahami bahwasanya setiap individu itu berbeda, dan adanya kemampuan untuk mengambil keputusan terkait dengan pilihan hidupnya, serta memahami apa yang diri sendiri butuhkan terkhusus pada bidang karir. Penelitian ini  bertujuan untuk mencari tahu bagaimana gambaran pencapaian identitas diri bidang  karir aspek eksplorasi dan aspek komitmen  siswa disekolah tersebut.  Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X, XI, dan XII yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Dan didapatkan sampel 30% dari populasi yang ada, sehingga didapatkan sampel sebanyak 144 siswa.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket skala identitas karir aspek eksplorasi dan komitmen kemudian diolah dan dilakukan analisis deskriptif. Pencapaian identitas diri bidang karir aspek eksplorasi dan komitmen siswa SMK PGRI Pekanbaru, berada pada status identitas forclosure yaitu siswa tidak melakukan eksplorasi akan tetapi telah berkomitmen dengan suatu pilihan karir.

References

Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19. https://doi.org/10.31289/jab.v4i2.1818

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.

Batool, S. S., & Ghayas, S. (2020). Process of career identity formation among adolescents: components and factors. Heliyon, 6(9), e04905. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04905

Coyanda, J. R., Ricoida, D. I., & Verano, D. A. (2023). Pelaksanan Ujian Kompetensi IT dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMKN Suak Tapeh Banyuasin. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.858

Dian ratna sawitri. (2009). Pengaruh Status Identitas Dan Efikasi Diri Keputusan Karir Terhadap Keraguan Mengambil Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 5(2).

Diyah, Triani, sandy, A. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Erikson, E., & C. A. (1989). Identitas dan siklus hidup manusia. bunga rampai.

Fitri, F. H., & Rahmi, E. (2023). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7015–7025. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7332

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Kamil, B., & Daniati, D. (2017). Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 185–196. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.565

Lapointe, K. (2010). Narrating Career, Positioning Identity : Career Identity As a Narrative Practice. Journal Of Vocational Behavior, 77(1), 1–12.

Marcia, J.E., Waterman. A.S., Matesson, D.R Archer, S. L. & O. J. L. (1993). Ego Identity : A handbook for phsychososial research springer.

Maya, I., Rahman, K. A., & Sarman, F. (2023). Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Karir Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 143–151.

Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2017). Kematangan Karier Siswa Smk Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jurusan. Humanitas, 13(2), 112. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i2.6067

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). alfabeta.

Widia Monika, S., & Andi Kiswanto, dan. (2019). Program Bimbingan Karier Untuk Mengembangkan Identitas Karier Siswa Smk. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 75–87. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK

Yenes, E., Yusuf, A. M., & Afdal. (2012). Bimbingan Karir Bagi Siswa SMK Sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 95–101.

Additional Files

Published

2024-01-11

How to Cite

Aprilia Riswana, A., Umari, T., & Khadijah, K. (2024). Pencapaian Identitas Diri Bidang Karir Siswa SMK PGRI Pekanbaru. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 165–177. https://doi.org/10.31851/juang.v6i2.13802