Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 2 Semarang

Authors

  • Dyah Helen Permatasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Ariswati Ariswati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.15038

Keywords:

Penyesuaian diri, siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian survei dilakukan dengan tujuan untuk memberikan suatu gambaran tentang sesuatu Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang disebar secara online melalui Google Form di grup WhatsApss kelas. Intrumen ini yang terdiri dari 20 pernyataan yang memiliki 4 alternatif jawaban yang harus diisi oleh siswa - siswi. Kemudian dihitung dengan rumus presentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X peminatan pemasaran di SMK N 2 Semarang dengan jumlah sebanyak 72 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kepercayaan  siswa terdapat 8 siswa dengan kategori sangat rendah yang memiliki presentase 11%, 27 siswa pada kategori rendah dengan presentase 37,5%, 24 siswa pada kategori tinggi dengan presentase 33% dan 13 siswa pada kategori sangat tinggi yang memiliki presentase 18%. Hasil penelitian ini mengenai tingkat penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 2 Semarang dengan sampel jenuh 72 siswa berasal dari peminatan pemasaran. Maka dlihat dari hasil penelitian siswa – siswi mayoritas memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah.

References

Atiyah, K. (2020). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri remaja. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 2(2), 42-51.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.).

Ghufron, N., & Risnawati, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosnan. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hurlock, E. B. (2016). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. Journal of Education, 20–29.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Qulub, H. S. (2020). Tingkat penyesuaian diri santri putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas PGRI Semarang).

Sappaile, B. I. (2007). Konsep instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 1-7.

Selliana, S. (2021). Hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 10(1), 01-10.

Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Jurnal Neo Konseling, 1. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sunarto, A. H. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Permatasari, D. H., Fitriana, S., & Ariswati, A. (2024). Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Wahana Konseling, 7(2), 248–254. https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.15038