Keefektifan Konseling Kelompok Pendekatan Solution Focused Brief Thrapy (SFBT) Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Di SMP Negeri 4 Kota Pasuruan

Authors

  • Achmad Hafid Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Leny Latifah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Eva Kartika Wulan Sari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.15065

Keywords:

Konseling kelompok, konseling singkat berfokus solusi, kejenuhan belajar

Abstract

Academic burnout bisa terjadi pada siswa, karena faktor kesulitan belajar ataupun tingkat kejenuhan siswa akibat proses pembelajaran yang terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi academic burnout siswa dan memahami keefektifan pemakaian konseling kelompok pendekatan solution focused brief therapy (SFBT) guna menurunkan academic burnout pelajar di SMP Negeri 4 Kota Pasuruan. Riset berikut memakai desain pre-eksperimental berjenis one group pre-test and post-test design dan dengan teknik pemilihan sampelnya yaitu purposive sampling. Subyek yang dipakai pada riset berikut ialah sepuluh pelajar yang didapatkan sesuai hasil pre-test. Analisis data dalam riset berikut memakai statistic nonparametric dengan pengujian jenjang tanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test), yang diolah pada aplikasi SPSS 25 for Windows. Hasil analisis pengujian Wilcoxon dari hasil perhitungan bisa dibuat simpulan bahwasanya sesuai keluaran test statistik diatas dipahami Asymp.Sig (2-tailed) nilainya 0,005 lantaran skor 0,005 < 0,05 maka bisa dibuat simpulan bahwasanya “Ha diterima”. Maknanya terdapat perbedaan diantara tingkat academic burnout saat pre-test dan post-test. Hingga bisa dibuat simpulan bahwasanya konseling kelompok pendekatan SFBT guna menurunkan academic burnout pelajar di SMPN 4 Pasuruan efektif. Kesimpulan hasil riset berikut memaparkan  pemberian konseling kelompok pendekatan SFBT (solution focused brief therapy) efektif untuk menurunkan academic burnout pelajar. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu tidak menutup kemungkinan penelitian ini juga bisa digunakan kepada semua siswa dari jenjang MTs, SMA, SMK ataupun MA yang juga akan mengalami hal yang sama yaitu academic burnout terhadap pembelajaran yang ada di sekolah.

References

Corey, G. (2011). Theory and Practice of Group Counseling. Nelson Education.

Dayanti, P. R. (2022). Self-concept dan family support dengan academic burnout pada siswa di masa pandemi. Indonesian Psychological Research, 4(1), 51-59.

Illah, A. R. (2020). Academic burnout siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Karawang pada mata pelajaran kimia. (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Julita, F. S., Syarafuddin, H. M., & Muzanni, A. (2019). Pengaruh konseling solution focused brief therapy (SFBT) terhadap kontrol diri siswa kelas VIII di SMPN 6 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Kegley, J. B. (2000). Perceptions of elementary school counselors regarding the utility of solution-focused brief counseling in the school setting. Dissertation Abstracts International, 53(9).

Latipun. (2010). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Lightfoot. (2014). Solution focused therapy. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(12), 238-239.

Lumongga, D. N. (2017). Konseling Kelompok. Kencana.

Macdonald, A. J. (2007). Solution-Focused Therapy: Theory, Research & Practice. London: SAGE Publications.

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. (2018). Penerapan solution-focused brief counseling (SFBC) untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1), 93-99.

Palmer, S. (2010). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permatasari, D., Latifah, L., & Pambudi, P. R. (2021). Studi academic burnout dan self efficacy mahasiswa. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 4(2).

Purnama, R., Yosef, Y., & Harlina, H. (2017). Hubungan antara academic self-confidence dengan kejenuhan (burnout) belajar siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 14-27.

Ramadhani, E., & Sari, S. P. (2021). Konseling singkat berfokus solusi untuk mengurangi burnout selama belajar dari rumah pada siswa. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02), 166-177.

Schaufeli, W. B. (2002). Burnout and engagement in university students: A cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5).

Sugara, G. S. (2019). Konseling Singkat Berorientasi Solusi. Edupotensia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta, CV.

Yusron, I. R. (2016). Efektivitas konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan engagement siswa yang menunjukkan gejala burnout: Studi kuasi eksperimen terhadap santri kelas XII Madrasah Aliyah Persis 31 Banjaran tahun ajaran 2015/2016. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Hafid, A., Latifah, L., & Sari, E. K. W. (2024). Keefektifan Konseling Kelompok Pendekatan Solution Focused Brief Thrapy (SFBT) Untuk Mengurangi Academic Burnout Siswa Di SMP Negeri 4 Kota Pasuruan. Jurnal Wahana Konseling, 7(2), 270–278. https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.15065