Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Peserta Didik Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v7i1.15286Keywords:
Prosocial Behavior, Classical Guidance, Sociodrama TechniquesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial peserta didik kelas VII F SMP Negeri 12 Yogyakarta dengan melalui bimbingan klasikal teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F sebanyak 32 siswa, yang memiliki kecenderungan perilaku prososial rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala perilaku prososial dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku prososial peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor pada setiap siklus. Hasil skor rata-rata dari skala prilaku prososial saat pra siklus sebesar 136,5, kemudian meningkat menjadi 150,6 pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 165 dan telah mencapai kriteria keberhasilan pada kategori tinggi yaitu berada pada rentang skor antara 153 sampai 204. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dalam bidang Bimbingan dan Konseling mengenai upaya peningkatan perilaku prososial melalui bimbingan klasikal teknik sosiodrama.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Almunawarah, Liza; Hadiwinarto; Sinthia, R. (2023). ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas VIII MTs Negeri 01 Lebong. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen. 6, 12–19.
Canida, R. (2023). Upaya Meningkatkan Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Layanan Bimbingan Klasikal. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(12), 4529–4536. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i12.5606
Fatmawati, Ina, I. (2019). Efektivitas Teknik Photovoice. Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 19–29.
Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Khotim, N., & Setiawati, D. (2014). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas X TKJ-1 (Teknik Komputer Jaringan 1) SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto. (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Meinarno, E A., & Sarwono, S W. (2018). Psikologi Sosial. Edisi 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Muthi, N., Sayekti, S., & Rimayati, E. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Kelas X TAV Di SMK Negeri 1 Semarang. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 1–6.
Priska Nur Yuandari, M. M. S. H. (2023). Hubungan Perilaku Prososial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Pl Leonardo Klaten. Jurnal Konseling Dan Pengembangan Pribadi Situs, 5(2017), 26–33.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Syarifien, M. A. R., Rohaeti, E. E., & Novianti, W. (2023). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodama Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas X Smk Nusa Bhakti Bandung Pada Masa Pandemi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(2), 97-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismi Zainurrobbi, Siti Muyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.