Dampak Koping Religius dalam Mereduksi Stres Akademik Mahasiswa

Authors

  • Faris Muda Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Syaiful Indra Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Azhari Zulkifli Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.17149

Keywords:

Koping Religius, Stres Akademik, Konseling

Abstract

Penelitian ini diangkat dari permasalahan tekanan akademik yang terlalu berat hingga mmenyebabkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan melihat bagaimana dampak dari koping religius terhadap stres akademik. peneitianJenis metode penelitian adalah kualitatif dengan desain subjektif. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling denan jumlah 5 mahasiswa akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara terhadap subjek, Individu yang menerapkan koping religius menunjukkan tingkat stres akademik yang lebih rendah serta memiliki regulasi emosi dan kepercayaan diri yang lebih baik dalam menghadapi tantangan akademik. Keyakinan keagamaan juga membantu individu dalam mengembangkan perspektif yang lebih luas tentang makna dan tujuan pendidikan merekaHasil penelitian tentang koping religius dapat berdampak positif dan negatif terhadap stres akademik. Semakin tinggi koping religius maka semakin rendah stres akademik, begitu juga sebaliknya

References

Aflakseir, A., & Coleman, P. G. (2011). Initial development of the Iranian religious coping scale. Journal of Muslim Mental Health, 6(1), 44–61. https://doi.org/10.3998/jmmh.10381607.0006.104

Amalia, V. R., & Nashori, F. (2021). Hubungan Antara Religiusitas Dan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(1), 36–55. https://doi.org/10.32923/psc.v3i1.1702

Faradilla, D., Assyifa, F. A., & Rizkarianty, N. (2024). MENGATASI STRES DAN KECEMASAN SISWA MELALUI KONSELING BERBASIS SPIRITUAL. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(6), 2640–2649.

Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: identification of and reactions to stressors. Psychological Reports, 74(2), 395–402. https://doi.org/10.2466/pr0.1994.74.2.395

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Hatta, K., Yati, A. M., Indra, S., Azhari, A., & Muslima, M. (2023). Impact of Resilience and Coping Strategy on Post-Traumatic Symptoms Among Muslim University Students. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 18–27. https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.3132

Iqra. (2024). A systematic – Review of academic stress intended to improve the educational journey of learners. Methods in Psychology, 11(September), 100163. https://doi.org/10.1016/j.metip.2024.100163

Javanmard, G. H. (2013). Religious Beliefs and Resilience in Academic Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 744–748. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.638

Mawakhira Yusuf, N., & Ma’wa Yusuf, J. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84

Mishbahuddin, A., Afriyati, V., & Herawati, A. A. (2022). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Religi Bagi Santri Untuk Mengurangi Stres Akademik Masa New Normal di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.37-42

Munjirin, A. (2020). Ahmad Munjirin 160303003.

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Nurhiyati, H. (2024). Hubungan Antara Religious Coping Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Uin Suska Riau.

Rahmadani, D. T., Fitriana, S., & Nihlatin Nisa, A. (2024). Studi Fenomenologi Coping Stress Siswa Korban KDRT. Jurnal Wahana Konseling, 7(1), 24–35. https://doi.org/10.31851/juang.v7i1.14642

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Cv Alfabeta.

Supradewi, R.-. (2019). Stres Mahasiswa Ditinjau dari Koping Religius. Psycho Idea, 17(1), 9. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.2837

Supradewi, R. (2020). Koping Religius dan Stres pada Guru Sekolah Islam. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), 150–165. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7700

Taufik, T. (2021). Limitasi Stres Akademik Siswa SMP Negeri di Kabupten Barru. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 113–122. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6354

Widiyanti, W., Nurihsan, J., LN, S. Y., Budiman, N., & Hendriadi, H. (2021). Academic Stress and Spiritual Well-Being in Riau. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1848–1857. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.361

Yuliandari, R. P. (2017). Analisis Strategi Coping oleh Remaja Korban Perundungan (Bullying) (Studi Kasus Di Jakarta Selatan). 148.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Muda, F., Indra, S., & Zulkifli, A. (2024). Dampak Koping Religius dalam Mereduksi Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Wahana Konseling, 7(2), 246–255. https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.17149