Penerapan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa SMP Negeri Samarinda

Authors

  • Dennis Viryananda Yovandra Universitas Mulawarman
  • Wahyu Widyatmoko Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v8i1.18328

Keywords:

teknik modeling simbolik, prokrastinasi akademik, bimbingan kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik modeling simbolik yang diberikan dalam layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Adapun dalam pemlihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah siswa 8 orang. Dari data pretest dan posttest menunjukan nilai rata-rata sebelum diberikan treatment layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik adalah 87,25 yang termasuk kategori tinggi dan setelah diberikan treatment menunjukan penuruan dengan nilai rata-rata 48,75 Kemudian hasil hitung uji paired sample t test menunjukan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terbukti berpengaruh dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian berikutnya dan dapat menjadi salah satu strategi dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik.

Author Biography

Wahyu Widyatmoko, Universitas Mulawarman

Dosen Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Mulawarman.

References

Ashaf, A.R; Samad, S.; Anas, M. (2022). 21 Maret 2025. Perilaku Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMPN 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng). https://eprints.unm.ac.id/25311/

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Fitriana, W.; Yulianti; Sutja, A. 2024. Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8(3): 1406 – 1412.

Hajijah. (2023). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Online Siswa MTs. Nurul Hikmah AEK Gerger Simalungun. Jurnal Al-Mursyid. 4(2): 1-16.

Hamruni, Syaddad, I. A., Zakiah, & Putri, D. I. I. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya. Yogyakarta: Penerbit Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khoiri, M. H., Suryanto, & Suroso. (2021). Model Prokrastinasi Akademik Siswa SMP di Masa Pandemi. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2021: PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY. 2(1): 147-152.

Nasution, H. S. & Abdillah. (2021). Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Penerbit Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Patriana. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 4(2): 55 – 59.

Pradani, N. R. P. (2024). Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMKN 1 Cipanas. Cimahi: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi.

Purba, S. A. B., Arsini, Y., & Walidini, I. (2023). Studi Literatur: Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling. Jurnal Pendidikan Tambusai. (7)3: 30593-30599.

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. B. S. (2017). Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI. (1)7: 84-92.

Yuniar, M. (2020) Pengaruh Teknik Modelling Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Yovandra, D. V., & Widyatmoko, W. (2025). Penerapan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa SMP Negeri Samarinda. Jurnal Wahana Konseling, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.31851/juang.v8i1.18328