Dilema Otonomi Akademik Santri di Tengah Otoritas Pesantren dan Orang Tua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dinamika konflik psikologis yang dialami santri dalam menentukan pilihan perguruan tinggi di tengah tekanan dari pesantren dan orang tua. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus terhadap tiga santri di salah satu pesantren di Jember, Jawa Timur. Hasil wawancara menunjukkan bahwa para santri mengalami keterpaksaan dalam melanjutkan pendidikan ke universitas pilihan pesantren karena faktor kedekatan keluarga dengan lembaga, bantuan finansial, serta dominasi keputusan orang tua. Analisis data dilakukan dengan pendekatan teori konflik Kurt Lewin dan teori kebutuhan Maslow. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan eksternal menyebabkan frustasi, hilangnya motivasi belajar, serta penghambatan aktualisasi diri santri. Meskipun demikian, pesantren tetap berkontribusi dalam pembentukan karakter dan moral santri. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan humanis dalam kebijakan pendidikan pesantren agar ruang dialog dan kebebasan individu dapat diakomodasi.
References
Amaliah, R. A. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren sebagai Pembentuk Karakter Santri. Jurnal Tarbiyatuna, 14(1), 23–37. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.
Arifin, M. A. (2023). Kebijakan Pesantren Terhadap Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Santri: Studi Fenomenologis. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 14–27.
Firman, F., Putera, R. A., Nopenae, N., Indra, I., & Tarigan, B. E. P. B. 2023. “Pengaruh Pendidikan Pesantren terhadap Karakter Pemuda Akademisi di Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12976–12985. Universitas Palangka Raya.
Fitriyah, S., & Munifah, L. (2021). Konflik Peran Santri dalam Menyeimbangkan Harapan Keluarga dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(2), 80–92.
Kholis, N., & Anshori, R. (2020). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Mengatasi Konflik Edukatif di Pesantren. Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), 103–115.
Kurniawati, Levina. 2022. “Pengaruh Program Pendidikan Pesantren terhadap Perilaku Santri di Pondok Pesantren Putri Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Kabupaten Lumajang.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 26–49. Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang.
Maduningtias, Lucia. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren dan Nasional untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 5(4), 323–331. https://al-afkar.com
Nabila, R., & Hasanah, U. (2024). Evaluasi Kurikulum Integratif Pesantren di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 2(1), 45–58.
Natsir, Ivan. (2022). Konflik Horizontal dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Kompilasi Hukum, 7(2), 166–189. http://jkh.unram.ac.id
Nurrohman, A. (2022). Integrasi Nilai Kemandirian dalam Sistem Pendidikan Pesantren Modern. Jurnal Tarbiyatul Aulad, 5(1), 1–12.
Ridwansyah & Mutiah, Diana. 2015. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren.” Tazkiya: Journal of Psychology, 3(2), 151–161. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Salamah, F., & Wahyuni, T. (2021). Analisis Kesejahteraan Psikologis Santri dalam Pendidikan Asrama yang Ketat. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 55–70.
Sari, F. D. 2021. “Kebutuhan Aktualisasi Diri Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Pendidikan.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 101–109. Universitas Negeri Makassar.
Syah, Muhammad Aldian. (2025). Sejarah dan Dinamika Pembaharuan Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara: Surau, Pesantren dan Madrasah. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3087
Wardana, Adi Kusuma, dkk. (2024). Manajemen Konflik. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.1856
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alya Hasanah, Ani Qotuz Zahro, Aidatul Fitriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.