Dilema Otonomi Akademik Santri di Tengah Otoritas Pesantren dan Orang Tua

Authors

  • Alya Hasanah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ani Qotuz Zuhro' Fitriana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq
  • Aidatul Fitriah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dinamika konflik psikologis yang dialami santri dalam menentukan pilihan perguruan tinggi di tengah tekanan dari pesantren dan orang tua. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus terhadap tiga santri di salah satu pesantren di Jember, Jawa Timur. Hasil wawancara menunjukkan bahwa para santri mengalami keterpaksaan dalam melanjutkan pendidikan ke universitas pilihan pesantren karena faktor kedekatan keluarga dengan lembaga, bantuan finansial, serta dominasi keputusan orang tua. Analisis data dilakukan dengan pendekatan teori konflik Kurt Lewin dan teori kebutuhan Maslow. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan eksternal menyebabkan frustasi, hilangnya motivasi belajar, serta penghambatan aktualisasi diri santri. Meskipun demikian, pesantren tetap berkontribusi dalam pembentukan karakter dan moral santri. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan humanis dalam kebijakan pendidikan pesantren agar ruang dialog dan kebebasan individu dapat diakomodasi.

References

Amaliah, R. A. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren sebagai Pembentuk Karakter Santri. Jurnal Tarbiyatuna, 14(1), 23–37. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Arifin, M. A. (2023). Kebijakan Pesantren Terhadap Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Santri: Studi Fenomenologis. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 14–27.

Firman, F., Putera, R. A., Nopenae, N., Indra, I., & Tarigan, B. E. P. B. 2023. “Pengaruh Pendidikan Pesantren terhadap Karakter Pemuda Akademisi di Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12976–12985. Universitas Palangka Raya.

Fitriyah, S., & Munifah, L. (2021). Konflik Peran Santri dalam Menyeimbangkan Harapan Keluarga dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(2), 80–92.

Kholis, N., & Anshori, R. (2020). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Mengatasi Konflik Edukatif di Pesantren. Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), 103–115.

Kurniawati, Levina. 2022. “Pengaruh Program Pendidikan Pesantren terhadap Perilaku Santri di Pondok Pesantren Putri Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Kabupaten Lumajang.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 26–49. Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang.

Maduningtias, Lucia. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren dan Nasional untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 5(4), 323–331. https://al-afkar.com

Nabila, R., & Hasanah, U. (2024). Evaluasi Kurikulum Integratif Pesantren di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 2(1), 45–58.

Natsir, Ivan. (2022). Konflik Horizontal dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Kompilasi Hukum, 7(2), 166–189. http://jkh.unram.ac.id

Nurrohman, A. (2022). Integrasi Nilai Kemandirian dalam Sistem Pendidikan Pesantren Modern. Jurnal Tarbiyatul Aulad, 5(1), 1–12.

Ridwansyah & Mutiah, Diana. 2015. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren.” Tazkiya: Journal of Psychology, 3(2), 151–161. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Salamah, F., & Wahyuni, T. (2021). Analisis Kesejahteraan Psikologis Santri dalam Pendidikan Asrama yang Ketat. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 55–70.

Sari, F. D. 2021. “Kebutuhan Aktualisasi Diri Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Pendidikan.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 101–109. Universitas Negeri Makassar.

Syah, Muhammad Aldian. (2025). Sejarah dan Dinamika Pembaharuan Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara: Surau, Pesantren dan Madrasah. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3087

Wardana, Adi Kusuma, dkk. (2024). Manajemen Konflik. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.1856

Published

2025-05-22

How to Cite

Hasanah, A., Qotuz Zuhro’ Fitriana, A., & Fitriah, A. (2025). Dilema Otonomi Akademik Santri di Tengah Otoritas Pesantren dan Orang Tua. Jurnal Wahana Konseling, 8(1). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/article/view/18625