Model Teoritik Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, Harga Diri dengan Kematangan Karir Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Tulungagung

Muhammad Sholihuddin Zuhdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji menguji model teoritik kematangan karir dan pengaruh harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap kematangan karir mahasiswa bimbingan dan konseling islami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Causal Relationship Study dan analisis data adalah uji statistik yakni struktural equation modelling (SEM). Hasil uji hipotesis melalui analisis SEM diperoleh kesimpulan bahwa model teoritik kematangan karir mahasiswa bimbingan dan konseling islam telah terbukti layak (GFI = 0.924 dengan kriteria > 0.900) dan memperoleh dukungan data empiris (x2=149.799, p=0.398 dengan kriteria > 0.05), serta harga diri mempengaruhi motivasi berprestasi, regulasi diri mempengaruhi motivasi berprestasi, harga diri mempengaruhi kematangan karir, regulasi diri mempengaruhi kematangan karir, dan motivasi berprestasi mempengaruhi kematangan karir.


Full Text:

PDF

References


Anastapsi. S & Urbina, S. 2003. Psychological Testing, Seventh Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall International, Inc.

Atkinson R.L, Atkinson, R.C & Hilgrad E.R. 2016. Pengantar Psikologi. Cetakan ketiga. Jakarta: Erlangga.

Baldwin, S. A., & Hoffmann, J. P. (2012). The dynamics of self-esteem: A growth-curve analysis. Journal of Youth and Adolescence, 31, 101–113.

Bandura, A. 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action : A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, New York : NJ. Prentice-Hall.

Creswell, J.W. 2012. Educational Reserch :Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. Boston : Pearson Education.

Gall, M.D. Gall, J.P. Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction, Seventh Edition. Allyn & Bacon, Incorporated.

Patton W., dan Lokan (2001), Perspective of Donalt Super’s Construct of Career Maturity, International Journal For Education and Vocational Guidance 1, 31-48

Rakes, G. C. & Dunn, K. E. 2013. The Impact of Online Graduate Students’ Motivation and Self-Regulation on Academic Procrastination. Journal of Interactive Online Learning. 9 (1), Spring 2015.

Rothman, A. J, dkk. 2011. Self-Regulation and Behavioral Change: Disentangling Behavioral Initiation and Behavioral Maintenance. Dalam R. F. Baumiester & K. D. Vohs. Handbook of Self-Regulation: Research, Theory, and Applications Second Edition. New York: The Guilford Press.

Santoso. S. 2005. Mengatasi berbagai masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Santoso. S. 2012. Analisis SEM Menggunakan AMOS, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sappaile, Baso Intang. 2007. Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 069, 985-1003

Senko, C. & Harackiewicz, J. M. 2015. Regulation of Achievement Goal: The Role of Competence Feedback. Journal of Educational Psychology. Vol. 97, No. 3, 320-336.

Soedijarto. 2003. Pendidikan Nasional Sebagai Proses Transformasi Budaya. Jakarta : Balai Pustaka.

Subowo. E & Martiarini. N.2017. Hubungan Antara Harga Diri Remaja Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Smk Yosonegoro Magetan. Jurnal Psikohumanika. Vol. 02. No1.

Zimmerman, B. J. & Kitsantas, A. 2005. The Hidden Dimension of Personal Competence: Self-Regulated Learning and Practice. Dalam A. J. Elliot & C. S. Dweck (Ed.). Handbook of Competence and Motivation. New York: Guilford Press.

Zimmerman, B.J., & Schunk, D.H. 2001. Selfregulatedlearning and academic achievement: Theoretical perspectives (2nd ed.). Mahwah, NJ:Erlbaum.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/juang.v2i1.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JUANG: Jurnal Wahana Konseling by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.