MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERETIKA MELALUI PEMBUATAN FILM PENDEK ( STUDI EKSPERIMEN SEMU DI SMAN 1 TUNGKAL ILIR)

Zuli Febriyati, Evia Darmawani, Ahmad Rofi Suryahadikusumah

Abstract


Kemampuan berperilaku etis siswa saat ini mengalami penurunan yang ditandai dengan  seringnya membuat gaduh di kelas sehingga mengganggu kelas yang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembuatan film pendek dapat mempengaruhi perilaku siswa dalam beretika di Sekolah Mengah Atas Negeri 1 Tungkal Ilir.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design one-group pre-test-post-test design. Sampel penelitian siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan film pendek efektif untuk meningkatkan perilaku etis siswa, dilihat dari analisis data statistik didapat bahwa berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 25 − 1 = 24 didapatkan nilai thitung = 8,3172. Penelitian membuktikan dengan membuat film pendek siswa menyadari dan memahami baik buruknya perilaku. Pembuatan film pendek ini dapat dijadikan media bagi pelayanan bimbingan klasikal di kelas lain

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang. Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Ibung, D. (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mariyaningasih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa. Surakarta: Oase Group.

Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Puspitasari, N. A. (2014). Penggunaan Film Dokumenter Sebagai Media Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas X-Mm SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang Vol.1, No.1 .

Suryahadikusumah, A. (2016). Bimbingan Dan Konseling Komunitas Untuk Mendukung Positive Youth Development (Penelitian Tindakan Partisipatoris Bersama Komunitas Schoolzone). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 16 No.2. ISSN : 1412-565X , 137-146.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/juang.v2i1.2699

Refbacks



Creative Commons License
JUANG: Jurnal Wahana Konseling by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.