Upaya Mengembangkan Kemampuan Bakat Melalui Layanan Bimbingan Karir dengan Strategi Problem Solving Peserta Didik Kelas X IPS 2 SMA Negeri 18 Palembang

Authors

  • Yusfandaria Yusfandaria Guru SMA Negeri 18 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2756

Abstract

Abstrak

 

PTK Konseling ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal bakat siswa melalui layanan Bimbingan Karir dengan strategi Problem Solving peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 18 Palembang. Perencanaan ini dilakukan selama tiga bulan dari Februari s/d April 2017 semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian sebanyak 30 orang. Dilaksanakan pada tugas perkembangan "mengenal kemampuan, bakat, minat serta arah kecendrungan karir dan aspirasi seni". Ditambah satu orang guru sebagai kolaborator. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya peningkatan kemampuan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. 

 

Kata kunci: BK, layanan Bimbingan Karir, Strategi Problem Solving

 

EFFORTS TO DEVELOP TALENT ABILITY THROUGH CAREER BIMBING SERVICES WITH PROBLEM SOLVING STRATEGIES PARTICIPANTS IN X IPS.2 SMA NEGERI 18 PALEMBANGAbstract

 

Counseling was carried out with the aim of knowing the ability to recognize students' talents through Career Guidance services with a strategy of Problem Solving students in class X IPS 2 SMA Negeri 18 Palembang. This planning is carried out for three months from February to April 2017 even semester 2016/2017. The research subjects were 30 people. Performed in the development task "to recognize the abilities, talents, interests and direction of career trends and artistic aspirations". Added one teacher as a collaborator. Based on the results of the research that has been done, it can be seen that there is an increase in student learning abilities from cycle I to cycle II. Keywords: BK, Career Guidance service, Problem Solving Strategy

 

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Bringham. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2014. Media Pendidikan.. Bandung: Penerbit PT Citra Adityawarman

Hibana S. Rahman. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta UCY Press.

KBBI On line. https://kbbi.web.id/bakat diakses 20 Maret 2017

Ketut, Sukardi Dewa. 2011. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan. Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Munandir. 2001. Program Bimbingan Karier. Jakarta: Departemen Pendidikan

Najib, Aminuddin, et.all., 1997, Bahan Pelatihan Bimbingan Konseling di Sekolah Berdasarkan Kurikulum 1994 pola 17, Yogyakarta: Tim Instruktur Bimbingan Konseling DIY

Nurkancana, W. 2014. PemahamanIndividu. Surabaya: Usaha Nasional.

Slameto, 2003. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit ( SKS). Penerbit Bumi Aksara : jakarta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thayeb Manrihu. 2000. Tehnik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

Yusfandaria, Y. (2019). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bakat Melalui Layanan Bimbingan Karir dengan Strategi Problem Solving Peserta Didik Kelas X IPS 2 SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2756