Pengaruh Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kikim Selatan

Authors

  • Bogi Wulansyah SMP Negeri 2 Kikim Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3099

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Media Video, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal berbantuan media video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kikim Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen pretest-posttest design group. Populasi penelitian ini berjumlah siswa 60 orang, sedangkan sampel diambil sama dengan jumlah populasi. Data diperoleh menggunakan teknik angket. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berbantuan media video dapat meningkatkan motivasi belajar siswa  di SMP Negeri 2 Kikim Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung = 12,15 > ttabel = 1,67 yang berarti tolak H0 dan terima Ha.

 

References

Amiludin, Sugiman. 2016. Pengaruh Problem Posing dan PBL Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3, No 1, Mei 2016, ISSN: 2356-2684, Online ISSN: 2477-1503.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Peneltian, Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, Arif. 2017. Keefektifan Bimbingan Blasikal Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Pernikahan Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, Hal, 1, April 2017, ISSN: 2477- 2240 (Media Cetak). 2477-3921 (Media Online).

Chang T, C. 2013. The Study On Motivation And Anxiety Of English Learning Of Students At A Taiwan Technical University. International Journal of English Language Teaching. Volume 1, No 1, September 2013.

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kementrian Kependidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Djamarah, Zain. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhli, M. 2015. Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Video di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, No. 1 Januari 2015.

Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media.

Hamdani. , 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdu, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 12, No 1, April 2011, ISSN: 1412-565X.

Kiswoyowati. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan SPS. Edisi Khusus, No 1, Agustus 2011, ISSN: 1412-565X.

Mukhtar, Yusuf, dan Budiamin. 2016. Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 5, No 1, 2016, ISSN: 2301-6167, 2528-7206 (online).

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 3, No 1, 2015, ISSN: 2442-9449.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Wulansyah, B. (2019). Pengaruh Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kikim Selatan. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3099