Minat Remaja Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Kondisi Ekonomi Keluarga di Desa Manyabar Kecamatan Panyabungan

Authors

  • Dela Vitria Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Program Studi Bimbingan dan Konseling
  • Kholilah Kholilah

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3323

Abstract

ABSTRACT

Education has an important role in showing national civilization. The goverment is required to concentrate to improve and advance the quality and quantity of education continuously. Therefore the authort are interested in examining the interest of adolescents in continuing their education to higher education in terms of the family economic conditions in the manyabar village of panyabungan sub-district. The aim to be achieved in this study is to determine the economic level of parents wits interest in adolescents continuing their education to college. The approach taken in this study are three teenagers who did not continue their education to college. Data collection used is observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the economic cindition of the family strongly influenced adolescents in this village to continua their education to college.

Keywords: Teenage , Education, College, Economic

Author Biography

Kholilah Kholilah

Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Program Studi Bimbingan dan Konseling

References

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hayati Lisda. 2015. Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pekerjaan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua, Kecerdasan Emosional Siswa Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII IPS Terpadu Di MTsN Model Padang. Skripsi. Sumatera Barat, FKIP STKIP PGRI Sumatera Barat.

Koban, F.T Ernestin. 2007. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke perguruan Tinggi. Skripsi, Yogyakarta. FKIP. Universitas Sanata Darma Yogyakarta.

Pratiwi, Komari Noor. 2015 â€Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerangâ€.

Rini, Setya Esti. 2012. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada SisWA Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Salim. 2015. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Cita Pustaka

Sari, Puspa Lia. 2009. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi, Skripsi, Yogyakarta, FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudrajat, Akhmad. 2010. Defenisi Pendidikan Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003, (https://akhmadsudrajad.wordpress.com.diakses 4 Desember 2019).

Suryani. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Tari, Putry Indriyani. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA NEGERI 1 Minggir Slamet Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Vitria, D., & Kholilah, K. (2019). Minat Remaja Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Kondisi Ekonomi Keluarga di Desa Manyabar Kecamatan Panyabungan. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3323