Pola Hubungan Sosial Anak di Kelas Berdasarkan Sosiometri

Authors

  • Hendri Leo Pradana Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3750

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola hubungan sosial anak di kelas berdasarkan sosiometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research) untuk mengkaji pola-pola hubungan sosial anak di kelas berdasarkan penggambaran sosiogram yang diukur menggunakan sosiometri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan identifikasi wacana dari buku-buku atau jurnal-jurnal ilmiah diinternet yang memiliki hubungan dengan judul penulisan untuk mencari hal-hal terkait kajian pola hubungan sosial anak di kelas berdasarkan sosiometri. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada tiga pola hubungan sosial anak yang akan muncul di kelas, yaitu bintang (star), terisolir, dan klik (geng).

Kata Kunci : Hubungan Sosial, Pola Hubungan Sosial, Sosiometri

CHILDREN'S SOCIAL RELATIONSHIP PATTERN IN CLASS BASED ON SOCIOMETRY

ABSTRACT

This study aims to examine the patterns of social relations of children in the classroom based on sociometry. The research method used was descriptive qualitative research. This type of research used in this study is the study of library research (library research) to examine patterns of social relations of children in the classroom based on the depiction of sociograms measured using sociometry. Data collection techniques in this study were to identify discourses from internet books or scientific journals that have a relationship with the title of the writing to look for things related to the study of children's social relations patterns in the classroom based on sociometry. Based on the results and discussion, it can be concluded that there are three patterns of social relations of children that will appear in class, namely the star (star), isolated, and click (gang).

Keywords: Social Relations, Social Relations Patterns, Sociometry

References

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Denkin, N. K. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya

http://digilib.uinsby.ac.id/1359/6/Bab%203.pdf Diakses pada 8 April 2020

Harahap, S. M. (2018). Pengaruh sosiometri terhadap motivasi belajar siswa di SMA negeri XVI Medan tahun pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hasanah, N. (2012). HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

https://komisiinformasi.go.id/?p=1638 Diakses pada 7 April 2020.

Ifriadi, A. (2017). Pelaksanaan Teknik Sosiometri Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin.

Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Jumiyanti, J., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2015). HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(3).

Khalilah, E. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. JIGC, 1(1), 41-57.

Komalasari, Galantina dkk. 2011. ASESMEN TEKNIS NONTES dalam PERSPEKTIF BK KOMPREHENSIF. Jakarta : PT. Indeks.

Kurnia, D. (2011). KORELASI ANTARA HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Miles, M. B., Huberman, A. M., Huberman, M. A., & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Neltari, L. (2018). UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIAL SISWA INTROVERT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SINGINGI (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Patriana, W. D. (2012). Korelasi Antara Hubungan Sosial Antarsiswa Di Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rumiyati, A. T. Konsep Dasar Sosiometri.

Sukardi. 2003. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Susilo Rahardjo, M. P., & Gudnanto, S. P. (2011). Pemahaman Individu teknik nontes. kencana.

Sutikno, S. (2007). Peran guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.

Sutoyo, Anwar. 2012. Pemahaman Individu : Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

ZAINURI, A. (2020). APLIKASI INSTRUMENTASI SOSIOMETRI DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Pradana, H. L. (2019). Pola Hubungan Sosial Anak di Kelas Berdasarkan Sosiometri. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 148–157. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.3750