Pengaruh Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah

Authors

  • Sri Hermawati SMP NEGERI 3 MAKARTI JAYA

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4277

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Kreativitas Memecahkan Masalah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari bimbingan kelompok untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Makarti Jaya tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode quasi exsperiment dengan One Grup Pretest dan Postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah total 10 orang.  Data mengenai kreativitas dalam memecahkan masalah diperoleh dari angket kreativitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu menghitung rata-rata dari Pre-Test dan Post-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata postest lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu 60 > 44, Nilai thitung  > ttabel yaitu 8,138 > 1,833 dengan taraf signifikan 5%, ini berarti terdapat perbedaan kreativitas dalam memecahkan masalah antara pretest dan postest secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Bahwa adanya pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Makarti Jaya.

References

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Emzir. 2015. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.

Munandar, utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Murnita Arni. 2016. Upaya Meningkatkan Prilaku Pro-Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama, Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling Vol. 2 No. 1,. https://docplayer.info/45788321-Layanan-bimbingan-kelompok-melalui-permainan-untuk-meningkatkan-perilaku-sosial-peserta-didik.html

Narti, Sri. 2014. Modul Bimbingan Konseling Berbasis Agama islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri S, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Rahmawati, Y dan Kurniati, E. 2005. Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak-Anakl usia Taman Knak-Kanak. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyuni Fitri, 2013. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Mind Mapping untuk Mengembangkan Karakteristik, Jurnal Bimbingan Konseling.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/2723/2511.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Hermawati, S. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 90–99. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4277