Peran Guru BK dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Bina Jaya Palembang

Authors

  • Irma Fitriyanti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • M. Ferdiansyah UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Arizona Arizona UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286

Keywords:

Guru BK, Kesulitan Belajar

Abstract

Abstrak

Masalah siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat menggunakan dengan bimbingan kelompok dan bisa juga dengan mengadakan konsultasi kepada siswa setiap beberapa bulan sekali dengan memanggil satu persatu siswa di setiap kelas dan bertanya kepada siswa tentang masalah yang di hadapi. Bimbingan kelompok dilakukan untuk memberikan bantuan kepada siswa melalui situasi kelompok, bimbingan kelompok bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi, khusus nya kemampuan berkomunikasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk dimaksud kan untuk mengetahui peran guru Bk dalam mengidentifikasikan kesulitan siswa SMA Bina jaya Palembang. Jumlah popolasi dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, simple penelitian sebanyak 10 siswa, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, konsioner, yang terlebih dahahulu memberikan prestestts dan selanjutnya diberikan perlakuan posstestts untuk mengetahui hasil dari pembahasan siswa setelah diberikan prilakuan Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa upaya yang dapat dilakukan oleh guru Bk dalam mengindentifaksi masalah kesulitan masalah siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok bisa juga dengan mengadakan konsultasi kepada siswa setiap beberapa bulan sekali dengan memanggil satu persatu siswa di setiap kelas dan bertanya kepada siswa tentang masalah yang di hadapi. Bimbingan kelompok dilakukan untuk memberikan bantuan kepada siswa melalui situasi kelompok, bimbingan kelompok bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi, khusus nya kemampuan berkomunikasi peserta didik.

References

Daftar Pustaka

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. Dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:

Renika Cipta

Ahmadi, L.K., & Amri S. 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu:

Analisis kritis tentang metode, startegi, evaluasi dan media pembelajaran bidang studi sejarah, geografi, ekonomi, sosiolgi, antarplogi dan isu pembelajaran IPS terpadu. Jakarta: Prestasi

pustaka

Aqib, Z.& Elham R. 2008. Membangun profensionalisme guru dan pengawa sekolah. Bandung: Yram Widya.

Aunurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

Alfabet.

Bungin, B. (20011). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: RajaGranfindo Persada.

Hakim, T . (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Maryani, I. (2018). Model Interverensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.

Matondang, Munandar. 2019. Upaya

Guru Bimbingan dan

Konseling Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Smp Negeri 7 Padangsidimpuan. Padangsidimpuan: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Vol. 4 No.1

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mugiarso, H. (2009). Bimbingan & Konseling di Sekolah.

Semarang: UNNES Presss Nasir, A.dkk. (2011). Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Muha Medika.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Funsional Guru dan Angka

Kredintya. Jakarta Depdiknas.

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.

Priandika, Devi. 2019. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa Di

Mtsn 6 Tulungagung.

Tulungagung: Skripsi IAIN

Tulungagung (Dipublikasikan)

Slameto. (2015). Belajar dan Faktorfaktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, DK. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Renika Cipta.

Supriatna, M. (2011). Bimbingan dan

Konseling Berbasis

Kompetensi (Orientasi Dasar Pengembangan Profensi Konselor). Jakarta:

RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Yusmiati. (2016). Studi Kasus Kesulitan Belajar Siswa Yang Tinggal Kelas [Artikel Penelitian], Pontianak: Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidkan Fakultas Keguruan

Dan Ilmu Pendidkan Univeritas Tanjungpura.

Yusuf, S. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling.

Bandung : Rosda.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran Guru BK dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100–112. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286