Implementasi Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Benakat

Authors

  • Surya Dharma Atmaja Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Nurlela Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4700

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa yaitu terdapat salah satu siswa berinisial S sering bolos sekolah, dari absensi siswa S lebih banyak tidak masuk sekolah, setiap minggu siswa S hanya masuk dua atau tiga hari dan ketika siswa S masuk sekolah yang dilakukan saat jam pelajaran berlangsung siswa S lebih banyak tidur dikelas serta melalaikan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Benakat? Tujuan penelitian ini untuk mengatahui implementasi peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Benakat. Subjek Penelitian yaitu peran wali kelas terhadap guru bimbingan dan konseling, sedangkan informan terdiri atas wali kelas dan guru bimbingan dan konseling. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Bantuan wali kelas berjalan dengan baik hal ini dilihat dari wawancara yang telah dilakukan. Secara keseluruhan pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Benakat, sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari kerjasama yang dilakukan oleh wali kelas, kepada guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah siswa yang bermasalah di sekolah.

Kata kunci : Implementasi, Peran Wali Kelas, Bimbingan dan Konseling.

Author Biographies

Surya Dharma Atmaja, Universitas PGRI Palembang

Bimbingan dan konseling

Edi Harapan, Universitas PGRI Palembang

Bimbingan dan konseling

Nurlela Nurlela, Universitas PGRI Palembang

Bimbingan dan Konseling

References

Adhiputra, Anak Agung Ngurah. 2013. Bimbingan dan Konseling Aplikasi di SD dan TK. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Almira, Gina. 2012. Peranan Guru Mata Pelajaran terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 7 Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang: Tidak Dipublikasikan.

Baroroh, Ahmad. 2013. Implementasi Pelaksanaan Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Burhanuddin, Arief. 2009. Kegiatan Konferensi Kasus. Jakarta; Rineka Cipta.

Hidayat, Muhammad. 2012. Masalah Sosial Remaja. Bandung: Alfabeta.

Hikmawati, Fenti. 2011. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers

Kristiani, Ana. 2014. Peran Wali Kelas dalam Membantu Guru Mata Pelajaran. Jurnal Skripsi: Tidak Dipublikasikan.

Lestari, Mugi. 2013. Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.

Mudjiono, Anas. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2010. Penelitian:Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Nasruddin. 2012. Penelitian Strategi Guru Dalam Mengatasi Siswa yang Bermasalah. Skripsi Abulyatama Aceh: Tidak Dipublikasikan.

Ngalimun. 2014. Bimbingan Konseling di SD/MI Suatu Pendekatan Proses. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasaribu, Dora. 2012. Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbinan Konseling di SMP Azharyah Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang: Tidak Dipublikasikan.

Pembayun. 2017. Peran guru kelas Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Di sd Negeri 2 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Skripsi Universitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.

Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyoningtyas, Restu. 2014. Persepsi Guru BK Tentang Kompetensi Konselor di Sekolah Dasar Swasta Kota Semarang. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.

Sudjarat. 2011. Psikologi Konseling. Jakarta: Rajawali Pers

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rasyid. 2014. Analisis Pendekatan Realitas dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Sragen. Skripsi: Univeristas Negeri Semarang, tidak dipublikasikan.

Salahudin. 2016. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Soejipto&Kosasih. 2011. Jurnal Peran Wali Kelas dalam Sekolah. Jakarta: Tidak Dipublikasikan.

Sukardi, Ketut Dewa. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarharja dan Sulo. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.

Universitas PGRI. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Walgito. 2014. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Willis, Sofyan. 2012. Perkembangan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel dan Hastuti. 2014. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, Betty. 2013. Hambatan Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada SMP Negeri se-Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.

Zurriyati, Ery. 2014.. Peranan dan Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal: Tidak Dipublikasikan.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Atmaja, S. D., Harapan, E., & Nurlela, N. (2019). Implementasi Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Benakat. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 125–136. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4700