Implementasi Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Benakat
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4700Abstract
Masalah yang dihadapi siswa yaitu terdapat salah satu siswa berinisial S sering bolos sekolah, dari absensi siswa S lebih banyak tidak masuk sekolah, setiap minggu siswa S hanya masuk dua atau tiga hari dan ketika siswa S masuk sekolah yang dilakukan saat jam pelajaran berlangsung siswa S lebih banyak tidur dikelas serta melalaikan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Benakat? Tujuan penelitian ini untuk mengatahui implementasi peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Benakat. Subjek Penelitian yaitu peran wali kelas terhadap guru bimbingan dan konseling, sedangkan informan terdiri atas wali kelas dan guru bimbingan dan konseling. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Bantuan wali kelas berjalan dengan baik hal ini dilihat dari wawancara yang telah dilakukan. Secara keseluruhan pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Benakat, sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari kerjasama yang dilakukan oleh wali kelas, kepada guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah siswa yang bermasalah di sekolah.Kata kunci : Implementasi, Peran Wali Kelas, Bimbingan dan Konseling.
References
Adhiputra, Anak Agung Ngurah. 2013. Bimbingan dan Konseling Aplikasi di SD dan TK. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Almira, Gina. 2012. Peranan Guru Mata Pelajaran terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 7 Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang: Tidak Dipublikasikan.
Baroroh, Ahmad. 2013. Implementasi Pelaksanaan Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Burhanuddin, Arief. 2009. Kegiatan Konferensi Kasus. Jakarta; Rineka Cipta.
Hidayat, Muhammad. 2012. Masalah Sosial Remaja. Bandung: Alfabeta.
Hikmawati, Fenti. 2011. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers
Kristiani, Ana. 2014. Peran Wali Kelas dalam Membantu Guru Mata Pelajaran. Jurnal Skripsi: Tidak Dipublikasikan.
Lestari, Mugi. 2013. Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.
Mudjiono, Anas. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy. 2010. Penelitian:Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Nasruddin. 2012. Penelitian Strategi Guru Dalam Mengatasi Siswa yang Bermasalah. Skripsi Abulyatama Aceh: Tidak Dipublikasikan.
Ngalimun. 2014. Bimbingan Konseling di SD/MI Suatu Pendekatan Proses. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Pasaribu, Dora. 2012. Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbinan Konseling di SMP Azharyah Palembang. Skripsi Universitas PGRI Palembang: Tidak Dipublikasikan.
Pembayun. 2017. Peran guru kelas Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Di sd Negeri 2 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Skripsi Universitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.
Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Setyoningtyas, Restu. 2014. Persepsi Guru BK Tentang Kompetensi Konselor di Sekolah Dasar Swasta Kota Semarang. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.
Sudjarat. 2011. Psikologi Konseling. Jakarta: Rajawali Pers
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rasyid. 2014. Analisis Pendekatan Realitas dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Sragen. Skripsi: Univeristas Negeri Semarang, tidak dipublikasikan.
Salahudin. 2016. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Soejipto&Kosasih. 2011. Jurnal Peran Wali Kelas dalam Sekolah. Jakarta: Tidak Dipublikasikan.
Sukardi, Ketut Dewa. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tirtarharja dan Sulo. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Universitas PGRI. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Walgito. 2014. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Willis, Sofyan. 2012. Perkembangan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel dan Hastuti. 2014. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wulandari, Betty. 2013. Hambatan Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada SMP Negeri se-Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Unviersitas Negeri Semarang: Tidak Dipublikasikan.
Zurriyati, Ery. 2014.. Peranan dan Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal: Tidak Dipublikasikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.