Usaha Guru Bimbingan dan Konseling Memperbaiki Cara Belajar Melalui Analisis Prilaku Belajar Siswa di SMP PGRI 9 Palembang

Authors

  • Andrean Gumara Universitas PGRI Palembang
  • Endang Surtiyoni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4754

Keywords:

Layanan Bimbingan Belajar, Cara Belajar Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki prilaku belajar kurang efektif, mengapa demikian saya berbicara seperti itu yang saya lihat dilapangan siswa disana belajar hanya terpaku dengan ucapan guru didepan tanpa merespon atau sebagaimana mestinya. Oleh karna itu diperlukan layanan khusus yaitu pemberian layanan oleh guru bimbingan dan konseling agar permasalahan siswa dapat teratasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk keberhasilan guru bimbingan dan konseling dalam memperbaiki cara belajar siswa dan menganalisi prilaku belajar siswa di SMP PGRI 9 Palembang, untuk mengatasi permasalahan ini maka guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan belajar dengan teknik diskusi untuk membantu siswa mengatasi permasalahan yang ada disekolahan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana peneliti melakukan informasi atau data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti kemudian peneliti menarik kesimpulan informasi dari data yang diteliti. Metode deskriptif dianggap sesuai dengan peneliti ini, karena peneliti menganalisis prilaku belajar siswa di SMP PGRI 9 Palembang.

Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang cukup signifikan dan hasil perubahan prilaku siswa yang memperoleh bimbingan dari guru bimbingan dan konseling dengan siswa yang tidak memperoleh bimbingan di SMP PGRI 9 Palembang

Kata kunci : Layanan Bimbingan Belajar, Cara Belajar Siswa

Author Biography

Andrean Gumara, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Bimbingan dan Konseling

References

Andayani, dkk. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. Info, Vol 2 No 1

Ferdiansyah, M. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif . Bogor: Herya Media

Fiah, E. R., & Purbaya, P. A. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Info ISSN 2089-9955

Irfan, Ahmad. (2016). Hubungan Antara Layanan Bimbingan Belajar Dengan Ke

sulitan Belajar Siswa Kelas IX SMP NEGERI 2 TURI TAHUN AJARAN 2015/16.

Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Gumara, A., & Surtiyoni, E. (2020). Usaha Guru Bimbingan dan Konseling Memperbaiki Cara Belajar Melalui Analisis Prilaku Belajar Siswa di SMP PGRI 9 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 117–122. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4754