Analisis Bimbingan Kelompok Tentang Pelanggaran Tata Tertib Terhadap Siswa di Sekolah Menengah Atas PGRI 5 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4755Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang sering melangar Peraturan tata tertib diSekolah Menegah Atas Pgri 5 Palembang, Seperti tidak memakai atribut sekolah dengan lengkap, terlambat kesekolah, keluar masuk jam pelajaran, tidak memasuk ketika bel sudah berbunyi. Oleh karna itu diperlukan layanan khusus yaitu pemberian layanan bimbingan kelompok supaya permasalhan siswa dapat teratasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya layanan bimbingan kelompok terhadap pelangaran tata tertib yang dilakukan oleh anak-anak kelas 11, untuk mengetahui adakah bentuk keberhasilan setelah di diberikan layanan bimbingan kelompok. Untuk mengatasi permasalahan ini maka guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk membantu siswa mengatasi permasalahan yang ada disekolahan. Metode yang dipakai yaitu deskriftif kualitatif dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan dengan 4 tahap yang meliputi pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran, ke empat langkah tersebut sudah dilakukan guru BK Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak mengalami perubahan dari buruk ke baik. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signitifikan hasil perubahan perilaku siswa yang memperoleh bimbingan dari metode deskriptif kualitatif dengan siswa yang tidak memperoleh bimbingan di PGRI 5 Palembang.
Â
Kata kunci : Analisis Layanan Bimbingan Kelompok, Pelanggaran Tata Tertib
References
Daftar Pustaka
Anne Merial Fianti. 2015. Tata Tertib Menurut Dekdibud dian nemeri15 .blogspot.com/2 015/11/tata-tertib-sekolah-pengertian-tata.html (diakses pada tanggal 18 Maret 2019 )
Deni Siregar. M. Juni 2015. Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Hamzanwadi Selong. Indonesia
Dian Pratiwi, Muswardi Rosra dan Ratna Widia Astuti. 2014. Pengunaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di Sekolah. Indonesia
Dimas Baruna. Gerysa. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa. Indonesia
M. Ferdiansyah. April 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor : Herya Media Cetakan Pertama.
Siagian. Melina. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Siwa Madrasah Tsanawiyah Al-ikhlas Aek
Botik Tapanuli Utara. Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negri Sumatera Utara Medan. Indonesia
Sugiyono. 2016. Metode Penelitiann Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.