Analisis Bimbingan Kelompok Tentang Pelanggaran Tata Tertib Terhadap Siswa di Sekolah Menengah Atas PGRI 5 Palembang

Authors

  • Juniar Saraswati Universitas pgri palembang
  • Erfan Ramadhani UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Endang Surtiyoni UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4755

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang sering melangar Peraturan tata tertib diSekolah Menegah Atas Pgri 5 Palembang, Seperti tidak memakai atribut sekolah dengan lengkap, terlambat kesekolah, keluar masuk jam pelajaran, tidak memasuk ketika bel sudah berbunyi. Oleh karna itu diperlukan layanan khusus yaitu pemberian layanan bimbingan kelompok supaya permasalhan siswa dapat teratasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya layanan bimbingan kelompok terhadap pelangaran tata tertib yang dilakukan oleh anak-anak kelas 11, untuk mengetahui adakah bentuk keberhasilan setelah di diberikan layanan bimbingan kelompok. Untuk mengatasi permasalahan ini maka guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk membantu siswa mengatasi permasalahan yang ada disekolahan. Metode yang dipakai yaitu deskriftif kualitatif dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan dengan 4 tahap yang meliputi pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran, ke empat langkah tersebut sudah dilakukan guru BK Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak mengalami perubahan dari buruk ke baik. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signitifikan hasil perubahan perilaku siswa yang memperoleh bimbingan dari metode deskriptif kualitatif dengan siswa yang tidak memperoleh bimbingan di PGRI 5 Palembang.

 

Kata kunci : Analisis Layanan Bimbingan Kelompok, Pelanggaran Tata Tertib

Author Biography

Juniar Saraswati, Universitas pgri palembang

Program study bimbingan dan konseling

References

Daftar Pustaka

Anne Merial Fianti. 2015. Tata Tertib Menurut Dekdibud dian nemeri15 .blogspot.com/2 015/11/tata-tertib-sekolah-pengertian-tata.html (diakses pada tanggal 18 Maret 2019 )

Deni Siregar. M. Juni 2015. Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Hamzanwadi Selong. Indonesia

Dian Pratiwi, Muswardi Rosra dan Ratna Widia Astuti. 2014. Pengunaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di Sekolah. Indonesia

Dimas Baruna. Gerysa. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa. Indonesia

M. Ferdiansyah. April 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor : Herya Media Cetakan Pertama.

Siagian. Melina. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Siwa Madrasah Tsanawiyah Al-ikhlas Aek

Botik Tapanuli Utara. Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negri Sumatera Utara Medan. Indonesia

Sugiyono. 2016. Metode Penelitiann Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Saraswati, J., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2019). Analisis Bimbingan Kelompok Tentang Pelanggaran Tata Tertib Terhadap Siswa di Sekolah Menengah Atas PGRI 5 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4755