Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi di SMK Negeri 1 Talang Ubi
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4855Keywords:
Minat, Perguruan Tinggi, Bimbingan KonselingAbstract
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi pada siswa kelas X teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 1 Talang Ubi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi dan bagaimana implikasi bimbingan dan konseling terhadap minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas X SMK Negeri 1 Talang Ubi yang diambil dengan  menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket  minat siswa melanjutkan studi perguruan tinggi. Analisis datanya menggunakan rumus Persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi di SMK Negeri 1 Talang Ubi yang terdiri dari 30 siswa sebagian besar mereka berada pada kategori Tinggi (T) dengan jumlah frekuensi 15 siswa atau dapat dipersentasekan dengan nilai 50%. Selanjutnya disusul pada kategori sangat tinggi  (ST) dengan jumlah frekuensi 10 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 33,3%. Kemudian minat siswa berada pada kategori sedang (S) dengan jumlah frekuensi 5 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 16,7% dan tidak ada siswa yang berada pada kotegori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan data diatas maka rata-rata minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi berada  pada kategori tinggi. Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam mempertahankan minat siswa dengan memberikan arahan kepada siswa untuk mengikuti sosialisasi mengenai beasiswa perguruan tinggi dan mengikuti seminar perguruan tinggi agar mereka selalu termotivasi dalam mempertahankan minat dalam melanjutkan studi perguruan tinggi.
Kata kunci: Minat, Perguruan Tinggi.Layanan Bimbingan Konseling
Â
References
ABKIN. 2007. Rambu-rambu penyelenggaran bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal. Bandung: ABKIN
Arikunto Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta, Edisi Revisi 11 cet.ke IX.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Esti, Setya Rini. 2012. Hubungan tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Diakses pada tanggal 25 desember 2020 http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/878
Jandiko Saputra. 2017. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Sma Negeri 1 Membalong Kelas Xii Tahun Ajaran 2016/2017.diakses pada 25 Januari 2020 jam 23:33.
Prayitno Dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok.Bogor : Ghalia Indonesia.
Ratna setiawati. 2019. Pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial, ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri Seputih Mataram tahun 2018/2019. Skripsi. diakses pada 26 Febuari 2019
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.