Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi di SMK Negeri 1 Talang Ubi

Authors

  • Nabila Putri Gusmi SMK NEGERI 1 TALANG UBI

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4855

Keywords:

Minat, Perguruan Tinggi, Bimbingan Konseling

Abstract

ABSTRAK

Latar  belakang  dalam  penelitian ini adalah rendahnya minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi pada siswa kelas X teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 1 Talang Ubi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi dan bagaimana  implikasi bimbingan dan konseling terhadap minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas X SMK Negeri 1 Talang Ubi yang diambil dengan  menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket  minat siswa melanjutkan studi perguruan tinggi. Analisis datanya menggunakan rumus Persentase. Hasil penelitian  menunjukan  bahwa minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan tinggi di SMK  Negeri 1 Talang Ubi yang terdiri dari 30 siswa sebagian besar mereka berada pada kategori Tinggi (T) dengan jumlah frekuensi 15 siswa atau dapat dipersentasekan dengan nilai 50%. Selanjutnya disusul  pada  kategori sangat  tinggi  (ST) dengan jumlah frekuensi 10 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 33,3%. Kemudian minat siswa berada pada kategori sedang (S) dengan jumlah frekuensi 5 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 16,7% dan tidak ada siswa yang berada pada kotegori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan data diatas maka rata-rata minat siswa dalam melanjutkan studi perguruan  tinggi  berada  pada kategori tinggi. Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam mempertahankan minat siswa dengan memberikan arahan kepada siswa untuk mengikuti sosialisasi mengenai beasiswa perguruan tinggi dan mengikuti seminar perguruan tinggi  agar mereka selalu termotivasi dalam mempertahankan minat dalam melanjutkan studi perguruan tinggi.

Kata kunci: Minat, Perguruan Tinggi.Layanan  Bimbingan  Konseling

 

Author Biography

Nabila Putri Gusmi, SMK NEGERI 1 TALANG UBI

-

References

ABKIN. 2007. Rambu-rambu penyelenggaran bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal. Bandung: ABKIN

Arikunto Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta, Edisi Revisi 11 cet.ke IX.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Esti, Setya Rini. 2012. Hubungan tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Diakses pada tanggal 25 desember 2020 http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/878

Jandiko Saputra. 2017. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Sma Negeri 1 Membalong Kelas Xii Tahun Ajaran 2016/2017.diakses pada 25 Januari 2020 jam 23:33.

Prayitno Dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok.Bogor : Ghalia Indonesia.

Ratna setiawati. 2019. Pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial, ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri Seputih Mataram tahun 2018/2019. Skripsi. diakses pada 26 Febuari 2019

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Gusmi, N. P. (2020). Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi di SMK Negeri 1 Talang Ubi. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4855