Gambaran Self Control Siswa Pelanggar Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 1 Lubai

Authors

  • Deni Pranata Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Ferdiansyah Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4867

Keywords:

Self Control, Pelanggar Tata Tertib

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya siswa yang melanggar tata tertib sekolah karena self control yang dimilki rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase gambaran self control siswa pelanggar tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Lubai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase.Populasi penelitian ini berjumlah 70 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubai yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen angket kemampuan self control siswa. Analisis datanya menggunakan rumus Persentase.Hasil penelitian menunjukan bahwa self control siswa pelanggar tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Lubai berada yang terdiri dari 70 siswa sebagian besar mereka berada pada kategori rendah (R) dengan jumlah frekuensi 54 siswa atau dapat dipersentasekan dengan nilai 77,1%. Selanjutnya disusul pada kategori sangat rendah  (SR) dengan jumlah frekuensi 10 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 14.3%. Kemudian Self-control siswa berada pada kategori sedang (S) dengan jumlah frekuensi 6 siswa yang dapat dipersentasekan dengan nilai 8.6% dan tidak ada siswa yang berada pada kotegori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan data diatas maka rata-rata Self-control siswa Pelanggar Tata Tertib kelas XI di SMA Negeri 1 Lubai berada pada kategori rendah sehingga diharapkan bisa menjadi acuan untuk guru bimbingan dan konseling dalam memberikan program layanan bimbingan dan konseling disekolah.
 
  • Kata kunci: Self Control, Pelanggar Tata Tertib.

References

Arikunto, & Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berutu, E., & et al. (2018). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Negeri Gajah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 3 No 2.

Fitri, L., & Elisabeth, C. S. (2013). Penerapan Layanan Informasi Tentang Etika Dan Displin Sekolah Untuk Menggurangi Pelanggaran Tata Tertib Pada Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 1 No 1.

Gufron, M., & Rini, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Husna. (2019). Tingkat Kontrol Diri Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Di SMA N 1 Canduang . Vol 8 No 1.

Jamaludin, A. (2016). Dasar-Dasar Pantalogi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mukhtar, et al. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self Control Siswa. Jurnal Psikopedagogik, Vol 5 No 1.

Putra, R et al. (2019).Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Disekolah Dasar Negeri 2 Sedangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan,Vol 1 No 1

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Pranata, D., Ferdiansyah, M., & Sari, S. P. (2020). Gambaran Self Control Siswa Pelanggar Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 1 Lubai. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4867