Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4869Keywords:
Peran Guru Bimbingan Konseling, Pembentukan Karakter, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMP NEGERI 36 Palembang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Informan dalam penelitian ini yaitu wakil kesiswaan, guru wali kelas, guru bimbingan dan konseling dan satu orang siswa kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa cukup berjalan dengan baik. Guru bimbingan dan konseling berkolaborasi dengan wakil kesiswaan, guru wali kelas, dan orang tua untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang kurang disiplin. Siswa yang kurang disiplin diberikan layanan konseling individual dan guru bimbingan dan konseling juga melakukan kunjungan kerumah siswa untuk mencari tahu faktor penyebab siswa tersebut kurang disiplin dan membicarakan permasalahan siswa disekolah kepada orang tua siswa.
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Wahyuni Annisa (2019). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. ISSN 2502- 5961.
Atnawi. (2019). Pengaruh Kedisplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa DI Sdn Murtajih Pamekasan. ISSN. 2355 0104.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Bimbingan dan konseling di sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Arif, Bambang Samsul. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Di SMA Muahammdiyah Cipanas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter. VOL: 09/NO: 01 Februari 2020
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian kualitatif, komunikasi, ekonomi, kebijakan public,dan ilmu sosial lainnya. Kencana.
Cahyani, Indri. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik.Vol.2 No.2 Juli2019
Ferdiansyah. (2015). Dasar penelitian kualitatif. Herya Media.
Fiara, Ana. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Displin Pada Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh.
Heiriyah, Ainun. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Tidak Displin Di Smp Negeri 17 Banjarmasin.
Juntika, Nurihsan Achmad. (2014). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT RefikaAditama.
Juntika, Nurihsan Achmad. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter, konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. Yogyakarta.
Kusmanto. (2013). Peran Badan Permasyarakatan Daerah Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik.Volume 1, Nomor 1, Halaman 39-47, ISSN 2549-1660
Putri, Revita Nova. (2018) Analisis Tindak Indisipliner Siswa Smp Negeri. Volume 2 Nomor 2 Maret 2018.
Rosada, Danni Ulfa. (2019) Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. ISSN 2714-5972.
Risma. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisplinan Siswa.Volume 4 nomor 1 januari 2020.
Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Suhardono, Edy. (2018). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Tu’u. Tulus. (2010). Peran Displin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
Tohirin. (2014). bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang–undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Wahyuni Annisa (2019). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. ISSN 2502- 5961.
Atnawi. (2019). Pengaruh Kedisplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa DI Sdn Murtajih Pamekasan. ISSN. 2355 0104.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Bimbingan dan konseling di sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Arif, Bambang Samsul. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Di SMA Muahammdiyah Cipanas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter. VOL: 09/NO: 01 Februari 2020
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian kualitatif, komunikasi, ekonomi, kebijakan public,dan ilmu sosial lainnya. Kencana.
Cahyani, Indri. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik.Vol.2 No.2 Juli2019
Ferdiansyah. (2015). Dasar penelitian kualitatif. Herya Media.
Fiara, Ana. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Displin Pada Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh.
Heiriyah, Ainun. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Tidak Displin Di Smp Negeri 17 Banjarmasin.
Juntika, Nurihsan Achmad. (2014). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT RefikaAditama.
Juntika, Nurihsan Achmad. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter, konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. Yogyakarta.
Kusmanto. (2013). Peran Badan Permasyarakatan Daerah Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik.Volume 1, Nomor 1, Halaman 39-47, ISSN 2549-1660
Putri, Revita Nova. (2018) Analisis Tindak Indisipliner Siswa Smp Negeri. Volume 2 Nomor 2 Maret 2018.
Rosada, Danni Ulfa. (2019) Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. ISSN 2714-5972.
Risma. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisplinan Siswa.Volume 4 nomor 1 januari 2020.
Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Suhardono, Edy. (2018). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Tu’u. Tulus. (2010). Peran Displin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
Tohirin. (2014). bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang–undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.