Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang

Authors

  • Anisa Syahdana Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Nurlela Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4869

Keywords:

Peran Guru Bimbingan Konseling, Pembentukan Karakter, Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMP NEGERI 36 Palembang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Informan dalam penelitian ini yaitu wakil kesiswaan, guru wali kelas, guru bimbingan dan konseling dan satu orang siswa kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa cukup berjalan dengan baik. Guru bimbingan dan konseling berkolaborasi dengan wakil kesiswaan, guru wali kelas, dan orang tua untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang kurang disiplin. Siswa yang kurang disiplin diberikan layanan konseling individual dan guru bimbingan dan konseling juga melakukan kunjungan kerumah siswa untuk mencari tahu faktor penyebab siswa tersebut kurang disiplin dan membicarakan permasalahan siswa disekolah kepada orang tua siswa.

 

Author Biographies

Anisa Syahdana, Universitas PGRI Palembang

Bimbingan dan konseling

Nurlela Nurlela, Universitas PGRI Palembang

Bimbingan dan Konseling

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Wahyuni Annisa (2019). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. ISSN 2502- 5961.

Atnawi. (2019). Pengaruh Kedisplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa DI Sdn Murtajih Pamekasan. ISSN. 2355 0104.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Bimbingan dan konseling di sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Arif, Bambang Samsul. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Di SMA Muahammdiyah Cipanas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter. VOL: 09/NO: 01 Februari 2020

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian kualitatif, komunikasi, ekonomi, kebijakan public,dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Cahyani, Indri. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik.Vol.2 No.2 Juli2019

Ferdiansyah. (2015). Dasar penelitian kualitatif. Herya Media.

Fiara, Ana. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Displin Pada Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh.

Heiriyah, Ainun. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Tidak Displin Di Smp Negeri 17 Banjarmasin.

Juntika, Nurihsan Achmad. (2014). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT RefikaAditama.

Juntika, Nurihsan Achmad. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter, konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. Yogyakarta.

Kusmanto. (2013). Peran Badan Permasyarakatan Daerah Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik.Volume 1, Nomor 1, Halaman 39-47, ISSN 2549-1660

Putri, Revita Nova. (2018) Analisis Tindak Indisipliner Siswa Smp Negeri. Volume 2 Nomor 2 Maret 2018.

Rosada, Danni Ulfa. (2019) Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. ISSN 2714-5972.

Risma. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisplinan Siswa.Volume 4 nomor 1 januari 2020.

Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Suhardono, Edy. (2018). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Tu’u. Tulus. (2010). Peran Displin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Tohirin. (2014). bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang–undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Wahyuni Annisa (2019). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. ISSN 2502- 5961.

Atnawi. (2019). Pengaruh Kedisplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa DI Sdn Murtajih Pamekasan. ISSN. 2355 0104.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Bimbingan dan konseling di sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Arif, Bambang Samsul. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Di SMA Muahammdiyah Cipanas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter. VOL: 09/NO: 01 Februari 2020

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian kualitatif, komunikasi, ekonomi, kebijakan public,dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Cahyani, Indri. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik.Vol.2 No.2 Juli2019

Ferdiansyah. (2015). Dasar penelitian kualitatif. Herya Media.

Fiara, Ana. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Displin Pada Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh.

Heiriyah, Ainun. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Tidak Displin Di Smp Negeri 17 Banjarmasin.

Juntika, Nurihsan Achmad. (2014). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT RefikaAditama.

Juntika, Nurihsan Achmad. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter, konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. Yogyakarta.

Kusmanto. (2013). Peran Badan Permasyarakatan Daerah Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik.Volume 1, Nomor 1, Halaman 39-47, ISSN 2549-1660

Putri, Revita Nova. (2018) Analisis Tindak Indisipliner Siswa Smp Negeri. Volume 2 Nomor 2 Maret 2018.

Rosada, Danni Ulfa. (2019) Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. ISSN 2714-5972.

Risma. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisplinan Siswa.Volume 4 nomor 1 januari 2020.

Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Suhardono, Edy. (2018). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Tu’u. Tulus. (2010). Peran Displin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Tohirin. (2014). bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang–undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Syahdana, A., & Nurlela, N. (2021). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4869