Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konten dalam Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang

Authors

  • Desi Iskandar SMP NEGERI 15 PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4872

Keywords:

Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa terhadap Penguasaan Konten dalam bimbingan dan konseling di kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII1-VIII5 berjumlah 148 siswa. Sampel diambil secara Random dengan jumlah 30 siswa. Selanjutnya metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran instrumen angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan konten dalam bimbingan dan konseling kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang secara umum dikategorikan dengan kualitas cukup (77%).

 

 

Author Biography

Desi Iskandar, SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Bimbingan dan Konseling

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: Rineka Cipta.

Juniyarti Metha Eka, Prayitno, Marjohan. (2018). Content Mastery Service : A Help in Related Consulting Problems Students’ Learning Activities. International Journal of Research in Counseling and Education, Volume 02 Number 02 ISSN: 2620-5750 (Print) - 2620-5769 (Electronic) DOI: 10.24036/0075za0002 , 94.

Nuryovi, Wiharna Ono dan Sriyono. (2017, Desember). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru. Journal Of Mechanical Engiineering Education, Vol 4 No 2, 219-224.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Purwanto Ngalim. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmad j. (2007). Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabil Risaldy dan Meity H Idris. (2015). Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, Alex. (2010). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi. jakarta: Bumi Aksara.

Susanto Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah konsep, teori dan aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group

Tarmiji dkk. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Volume 1, Nomor 1: 41-48

Walgito Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Iskandar, D. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konten dalam Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 123–131. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4872