Hubungan Self Control dengan Perilaku Agresif Siswa

Authors

  • Ratna Juita UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Muhammad Ferdiansyah Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4878

Keywords:

Self Control, Perilaku Agresif

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terdapat siswa yang menantang guru untuk berkelahi saat pulang sekolah, hal tersebut dikarenakan siswa yang tidak terima dengan hukuman yang diberikan guru karena melanggar tatatertib sekolah, siswa SMP yag bunuh diri karena dibully, terdapatnya pelajar yang tewas dalam tawuran antar pelajar serta siswa yang berteriak kencang sambil mengucapkan kata-kata kurang sopan karena kalah main game. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self control dan perilaku agresif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dengan jumlah keseluruhan sebanyak 80 orang. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik  pengumpulan data menggunakan angket variabel X (Self Control) dan variabel Y (Perilaku Agresif). Dengan teknik  analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara self control dengan perilaku agresif,  hipotesis diterima adalah Ha dan Ho ditolak  dengan nilai rhitung=0.652 lebih besar dari rtabel=0.220 Maka dari itu guru Bimbingan dan Konseling bisa memberikan layanan BK sebagai strategi untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa. Diantaranya layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan konseling kelompok

Author Biography

Ratna Juita, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

BIMBINGAN DAN KONSELING

References

Alhidaya, N. (2018). Self Control Remaja dan Agresivitas Verbal. Jakarta.

Anjar. (2020, Februari Senin). Korban Bully. Retrieved Februari Kamiss, 2020, from Health.grid.id: Https:www.goggle.com/amps/s/health.grid.id/amp/352018769

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT.Bina Aksara.

Aroma, I. S. & Suminar, D. R. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri

Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan vol 2 no 6

Baron. (2013). Psikologi Sosial Jilid 10. Jakarta: Ensaga.

Dessy. (2017). Kontrol Diri di Tinjau Dari Implusive Buyying Pada Belanja Online. Jurnal Imiah PSYCHE, Vol 11 No 1.

Gunarsa. (2009). Dari Anak Sampai Lanjut Usia Bungan Rampai Psikologi Perkembangan . Jakarta: PT.Bpk Gunung Mulia.

Intan, A. d. (2017). Agresivitas dan Kontrol Diri. Al Sains Psikologi, Jilid 6, No 2.

KKBI. (2019). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ma wardi. (2020, Januari Minggu). Detik News. Retrieved Februari Rabu, 2020, from Detik.Com: http://m.detik.com/news/berita/d-4909610/motif-tawuran-di-Bekasi-yang-tewaskan-1-pelajar-ingin-dibilang-jago

Ferdiansyah, Muhammad. (2013). Peran walikelas dalam penyelenggaraan BK di sekolah serta dampaknya terhadap penanganan siswa bermasalah. Tesis tidak diterbitkan. padang:pss UNP

Myers. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Prayitno. (2014). Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudaryono.(2017). metodelogi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susi, d. (2016). Gambaran Agresivitas Pada remaja laki-laki siswa SMA Negeri di DKI Jakarta. Jakarta.

Published

2020-03-28

How to Cite

Juita, R., Ferdiansyah, M., & Ramadhani, E. (2020). Hubungan Self Control dengan Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4878