Penerapan Tehnik Bermain Peran Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Pesantren Modern Palembang

Authors

  • Risma Yudata SMA PESANTREN MODERN PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4879

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui penerapan tehnik bermain peran bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Pesantren Modern Palembang dan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan komunikasi interpersonal siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain peran.Metode penelitian ekperimen ini, peneliti menggunakan dengan bentuk pre-experimental design ‘One-group pre-test dan post-test’. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya komunikasi interpersonal siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok dan menggunakan teknik bermain peran. Hal ini di tunjukan dari hasil data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pre-test dan post-test yang di peroleh Zoutput  >  Ztabel (-7.304) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti untuk meningkatakan komunikasi interpersonal siswa dapat menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran kepada siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abkin. (2013). Panduan umum bimbingan konseling . jakarta.

anwar, Y. (2018). Efektifitas teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi siswa dan guru di SMPN 2 kembang tanjong. 8.

Dra.Gantina Komalasari, M. (n.d.).

Dra.gantina komalasari, M. W. (2011). TEORI DAN TEKNIK KONSELING. Kembang-Jakarta Barat 11610.

Edi harapan , H. (2014). komunikasi antar pribadi . jakarta.

M. Ferdiansyah, M. (2015). DASAR PENELITIAN KUALITATIF. Bogor: Herya Media.

Muhammad budyatna , L. (20011). teori komunikasi antar pribadi . jakarta.

palembang, F. k. (2020). Pedoman penulisan skrpsi . Palembang : Universitas pgri palembang.

Septiani, R. D. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi interpersonal siswa.

Sugiono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. jakarta.

sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. jakarta.

suharsimi, A. (1993). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Renika cipta.

Tohirinn, -E. (2013). BIMBINNGANN DANN KONSELING DI MADRASAH (BERBASIS INTEGRITAS). Jakarta: Rajawali.

Wahyu nila kanti, s. (2014). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Indonesia journal of guidance and counseling: theory and application, Issn 2252-6374.

wicaksono. (2013). penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemapuan komunikasi interpersonal siswa kelas X Multimedia SMK Ikip Surabaya. journal mahasiswa bimbingan konseling , Vol1 No.1.

wirda Hanim, A. E. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok Terhadap . Pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap toleransi.

wirda, & Wirda Hanim, A. E. (n.d.). pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap toleransi pada peserta didik kelas X SMK Negri 26 Jakarta .

Downloads

Published

2020-03-28

How to Cite

Yudata, R. (2020). Penerapan Tehnik Bermain Peran Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Pesantren Modern Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4879