Penerapan Tehnik Bermain Peran Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Pesantren Modern Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4879Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Komunikasi InterpersonalAbstract
Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui penerapan tehnik bermain peran bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Pesantren Modern Palembang dan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan komunikasi interpersonal siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain peran.Metode penelitian ekperimen ini, peneliti menggunakan dengan bentuk pre-experimental design ‘One-group pre-test dan post-test’. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya komunikasi interpersonal siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok dan menggunakan teknik bermain peran. Hal ini di tunjukan dari hasil data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pre-test dan post-test yang di peroleh Zoutput >  Ztabel (-7.304) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti untuk meningkatakan komunikasi interpersonal siswa dapat menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran kepada siswa.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abkin. (2013). Panduan umum bimbingan konseling . jakarta.
anwar, Y. (2018). Efektifitas teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi siswa dan guru di SMPN 2 kembang tanjong. 8.
Dra.Gantina Komalasari, M. (n.d.).
Dra.gantina komalasari, M. W. (2011). TEORI DAN TEKNIK KONSELING. Kembang-Jakarta Barat 11610.
Edi harapan , H. (2014). komunikasi antar pribadi . jakarta.
M. Ferdiansyah, M. (2015). DASAR PENELITIAN KUALITATIF. Bogor: Herya Media.
Muhammad budyatna , L. (20011). teori komunikasi antar pribadi . jakarta.
palembang, F. k. (2020). Pedoman penulisan skrpsi . Palembang : Universitas pgri palembang.
Septiani, R. D. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi interpersonal siswa.
Sugiono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. jakarta.
sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. jakarta.
suharsimi, A. (1993). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Renika cipta.
Tohirinn, -E. (2013). BIMBINNGANN DANN KONSELING DI MADRASAH (BERBASIS INTEGRITAS). Jakarta: Rajawali.
Wahyu nila kanti, s. (2014). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Indonesia journal of guidance and counseling: theory and application, Issn 2252-6374.
wicaksono. (2013). penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemapuan komunikasi interpersonal siswa kelas X Multimedia SMK Ikip Surabaya. journal mahasiswa bimbingan konseling , Vol1 No.1.
wirda Hanim, A. E. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok Terhadap . Pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap toleransi.
wirda, & Wirda Hanim, A. E. (n.d.). pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap toleransi pada peserta didik kelas X SMK Negri 26 Jakarta .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.