Gambaran Perilaku Burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4893Keywords:
Perilaku, Burnout, SMP Negeri 2 PedamaranAbstract
Berdasarkan data dan informasi yang didapatkan oleh peneliti melalui observasi bahwa siswa sering mengalami malas dan jenuh untuk belajar dikarenakan pembelajaran yang diberikan kurang menarik dan pemberian pelajaran monoton seperti di suruh meringkas dengan banyak halaman serta tidak disertai dengan penjelasan dari guru yang mengajar sehingga tindakan-tindakan untuk merespon kejenuhannya dengan cara tidak masuk kelas dan suka membolos duduk dikantin sekolah dan tidur di dalam kelas saat sedang ada pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil presentase siswa pada gambaran perilaku burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran dan juga untuk mengetahui perilaku burnout pada siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 2 Pedamaran dan juga untuk mengetahui implikasi bimbingan dan konseling terhadap gambaran perilaku burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi sebanyak 120 siswa dari kelas IX. dan sampel diambil dari 60 siswa kelas IX.3 dan kelas IX.4 Sebanyak 60 siswa. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi, rumus untuk menghitung persentase dengan rumus norma kategori presentase dan interpretasi skor. Hasil penelitian persentase perilaku burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran adalah sangat tinggi (ST)Â 40%, tinggi (T) 45%, sedang (S) 10%, rendah (R) 5%, sedangkan sangat rendah (SR) 0% tidak ada. Sedangkan implikasi bimbingan dan konseling guru tetap memberikan arahan agar perilaku burnout tidak terjadi meningkat seperti melakukan sosialisasi mengenai dampak perilaku kejenuhan dan memberikan motivasi agar para siswa memiliki pengetahuan.
References
Arikunto, s. (2014). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminudin,A.K. (2013). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Pornografi Pada Siswa KELAS VIII DI SMPN 5 Lembang.
Ani Ulfa.(2014). Upaya Preventif Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Terjadinya Bunrout. Jurnal Hisbah.Vol.11 No 1.
Cheraghian, H,Faskhobi, B, Z, Heidari, N., & Sharifi, P. Y.(2016). Self Compassions As A Rationship Moderator Between Acdemic Burnout And Mental Health In Students. International Journal Of Academis Rasearch In Progressive Education And Development, 5 (2) .
Elsi Novarita. (Juni 2014). Perilaku Bolos Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan , Volume 2, Nomor 2, ,Hlm 9-13.
Hanna Hersy Apsarie. (2016). Fenomena Burnout Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan.
Moh. Agus Rohman. (2018). “Kejenuhan Belajar Pada Siswa Di Sekolah Dasar Full Day Sekolahâ€, Skripsi: Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Ksehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Muhammd Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta Erlangga. 2009. Hlm. 31.
Purba J. Juni (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Guru, Jurnal Psikologi. Vol.5. No.1.
Prof. Dr. h. Prayitno, M. S. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling.
Riduwan. (2009). Metode Dan Teknik Penyusunan proposal Penelitian, Bandung. Alfabeta.. Hlm.132..
Roni Budi Jatmiko. (Tahun Ke-5 (2016). Perbedaan Tingkat Burnout Belajar Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Medan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 2.
Sari., S. P. (2020). Guidance And Counseling The Faculty Of Education University Of Pgri Palembang , Volume 462.
Shinta larasati & pramesti p. Paramita (2012). Tingkat burnout ditinjau dari karakteristik demografis (usia, jenis kelamin, dan masa kerja) suru SDN inklusi di surabaya. Vol 1. No 2.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Vitasari., I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.