Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat

Authors

  • Teresya Bella Dwi Prizki Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4938

Keywords:

, Kecanduan Gadget, siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya di sekolah banyaknya siswa yang membawa handphone kesekolah. Bermain game, tiktok, membuka instagram bahkan siswa tidak fokus belajar karena sambil memainkan handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase gambaran kecanduan gadget pada siswa. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kuantitatif. Menggunakan google form dengan membagikan link angket kepada siswa, sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat yang di ambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket Kecanduan gadget dengan uji validitas 3,61 menggunakan korelasi product moment dan realiabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan gadget pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat berada pada kategori Tinggi 56,66% kategori Sedang 23,33% kategori Rendah 16,66% Sangat Rendah 3,33% dan tidak ada yang beradah pada kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan data di atas maka rata-rata kecanduan gadget pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat berada pada kategori Tinggi sehingga diharapkan bisa menjadi acuhan untuk guru bimbingan dan konseling berperan aktif terhadap prestasi belajar peserta didik, senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensinya dalam mengatasi berbagai permasalah di sekolah dan memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

References

Alrasheed Bisma Kharisma, A. M. (2018). Hubungan antara kecanduan gadget dengan kecerdasan emosi pada remaja di SMP. Sains Psikologi, Vol 7 no 2, November 2018 Hal 136-142.

Anandio, dkk (2018). Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kecanduan Gadget dan Interaksi Sosial siswa di Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Jom FKIP Volume 5 2018.

Dianti Ana, J. F. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dalam mengurangi kecanduan anak yang menggunakan gadget di SMK Negeri 1 Paringin. Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, Volume 3 Nomor 3 Tahun 2017.

Fithri M,A.S (2019). Hubungan antara kecanduan Gadget dengan prokrastinasi Akademik. TRIADIK, Vol.18, No.1, April 2019.

Hadi, P. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, Vol. 1, No.1, Juni 2016 Hal 104.

Prayitno, Amti (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman di SMA N 1 Rantau Utara. Edu Tech, Vol.1, No.1 Maret 2015.

Yusuf, Nurihsan (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Downloads

Published

2020-03-28

How to Cite

Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4938