Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4938Keywords:
, Kecanduan Gadget, siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya di sekolah banyaknya siswa yang membawa handphone kesekolah. Bermain game, tiktok, membuka instagram bahkan siswa tidak fokus belajar karena sambil memainkan handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase gambaran kecanduan gadget pada siswa. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kuantitatif. Menggunakan google form dengan membagikan link angket kepada siswa, sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat yang di ambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket Kecanduan gadget dengan uji validitas 3,61 menggunakan korelasi product moment dan realiabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan gadget pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat berada pada kategori Tinggi 56,66% kategori Sedang 23,33% kategori Rendah 16,66% Sangat Rendah 3,33% dan tidak ada yang beradah pada kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan data di atas maka rata-rata kecanduan gadget pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat berada pada kategori Tinggi sehingga diharapkan bisa menjadi acuhan untuk guru bimbingan dan konseling berperan aktif terhadap prestasi belajar peserta didik, senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensinya dalam mengatasi berbagai permasalah di sekolah dan memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
References
Alrasheed Bisma Kharisma, A. M. (2018). Hubungan antara kecanduan gadget dengan kecerdasan emosi pada remaja di SMP. Sains Psikologi, Vol 7 no 2, November 2018 Hal 136-142.
Anandio, dkk (2018). Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kecanduan Gadget dan Interaksi Sosial siswa di Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Jom FKIP Volume 5 2018.
Dianti Ana, J. F. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dalam mengurangi kecanduan anak yang menggunakan gadget di SMK Negeri 1 Paringin. Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, Volume 3 Nomor 3 Tahun 2017.
Fithri M,A.S (2019). Hubungan antara kecanduan Gadget dengan prokrastinasi Akademik. TRIADIK, Vol.18, No.1, April 2019.
Hadi, P. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, Vol. 1, No.1, Juni 2016 Hal 104.
Prayitno, Amti (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman di SMA N 1 Rantau Utara. Edu Tech, Vol.1, No.1 Maret 2015.
Yusuf, Nurihsan (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.