Faktor Penyebab Siswa yang Terisolir (Studi Kasus di SMK PGRI 1 Palembang)

Authors

  • Febri Ika Putra Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4945

Keywords:

Faktor Penyebab, Siswa, Terisolir

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka membentuk siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya sehingga akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara memadai dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab siswa “R†yang terisolir di SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data. Objek penelitian ini adalah siswa “R†kelas XII Akuntansi 2 SMK PGRI 1 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang terisolir cenderung akan menarik diri dari lingkungan pergaulan teman sebayanya disebabkan oleh kemampuan bersosialisasi yang rendah. Siswa yang terisolir lebih sering menghabiskan waktu menyendiri, kurang aktif dan pendiam di kelas serta tidak bisa berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, ini akan menyebabkan siswa tersebut merasa mider dan tidak percaya diri akibatnya siswa menjadi terisolir dan menarik diri dari lingkungan pergaulan teman sebayanya. Adapun faktor penyebab siswa “R†terisolir yaitu memiliki hambatan dalam berkomunikasi serta tidak terbiasa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, akibatnya siswa “R†menarik diri dari lingkungan pergaulan teman sebayanya serta tidak mempunyai minat untuk mengikuti kegitan-kegiatan kelompok sebagai proses sosial.

References

Amalia, Sri Rezeki, dkk. (2019). Analisis Peserta Didik Yang Terisolir di MAN 2 Pontianak. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untan Pontianak.

Aryani, Dwi (2017). Faktor Penyebab Siswa Terisolir Di Kelas III SD N 1 Pedes. S1 thesis, PGSD..

Kumalasari, Dyesi. (2017). Konsep Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolir. HISBA: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 14, No. 1

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wartini, dkk. (2013). Karakteristik Belajar Siswa Terisolir. Jurnal Ilmiah Konseling, Vol.2 No.1..

Tribunnews.com (2020). Siswa SMP Purworejo viral.

Downloads

Published

2020-03-28

How to Cite

Putra, F. I., Darmawani, E., & Putri, R. D. (2020). Faktor Penyebab Siswa yang Terisolir (Studi Kasus di SMK PGRI 1 Palembang). Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4945