Meningkatkan Self Efficacy Melalui Konseling Kelompok di Kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang

Authors

  • Sri Yuli Astantri SMP NEGERI 47 Palembang
  • Arizona Arizona Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.4952

Keywords:

Self Efficacy, Konseling Kelompok, Selp Help Group

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan yang dialami oleh sekelompok siswa yang memiliki keyakinan diri (self efficacy) rendah. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk meningkatkan self efficacy siswa melalui konseling kelompok. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Pre Eksperimental Design. Pola eksperimen yang digunakan peneliti ialah menggunakan one group pretest dan posstest design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII 2 SMP Negeri 47 Palembang dengan metode pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling sebanyak 9 siswa. Hasil pengelolahan data pretest yang didapatkan menghasilkan nilai 52% dan setelah perlakuan konseling kelompok nilai pada posttest mencapai 74% sehingga dapat dilihat bahwa peningkatan mencapai 23%. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon dengan hasil sig.0,008 berarti Ha diterima dan Ho ditolak jika nilai sig < 0,05. Jadi kesimpulan akhir, karena 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak, berarti ada perbedaan dan peningkatan self efficacy siswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan konseling kelompok.   

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Arizona dan Ma’rifatin. (2017). Teknik Relaksasi untuk meningkatkan Self efficcay siswa.Palembang :CV. Amanah

Azwar, S. 2012. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandura, A. 1994. Self efficacy. In V.S Ramachaudran (ed), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, 77-81). New york: Academic Press.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy – the exercise of control (fifth printing, 2002). Newyork: W.H. Freeman & Company.

Farozin, Muh. Dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kementrian dan Kebudayaan.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.

Prof. Prayitno & Drs. Amti, Erman (2015). Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock. John W.(2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Mungin. (2005). Konseling kelompok perkembangan. Semarang:UNNES PRESS.

Winkel. W.S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Winkel. W.S & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Yusuf L.N, Syamsu & Nurihsan, Ahmad Juntika. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Astantri, S. Y., Arizona, A., & Darmawani, E. (2021). Meningkatkan Self Efficacy Melalui Konseling Kelompok di Kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 81–98. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.4952