Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama YWKA Palembang

Authors

  • Trisni Hartina SMP YWJA Palembang
  • Susun Nayati Nasution SMP YWJA Palembang1

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.5112

Keywords:

Motivasi Belajar Siswa, Bimbingan Konseling

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah pertama YWKA Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap proses belajar di lingkungan kelas siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes Observasi, kusioner (angket), dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Angket. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t. Berdasakan hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti serta hasil pembahasan yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP YWKA Palembang 2019/2020 diterima. 2) Ho Terima jika t hitung 6,369  < t tabel 1,683  maka Ha ditolak.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Peneltian, Edisi Revisi 2016. Jakarta: Rineka Cipta.

Afandi, Chamalah, wardani. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Unissula Press.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.

Dimayanti.mujiyanto. 2016. Pengaruh Problem Posing dan PBL Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3, No 1, Mei 2016, ISSN: 2356-2684, Online ISSN: 2477-1503.

Djamarah, (2011). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media.

Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta :PT. Bumi Aksara.

Jihad, Haris. (2013). Evaluasi Belajar, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Makmun.2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Martinis,Yamin.2007. Jejak Inovasi Pembelajaran IPS Mengembangkan Profesi Guru.Volume 3, No, 1 April 2015.

Muhdyahardjo, Redja (2014). Pengantar Pendidikan, Depok : Raja Grafindo.

Nana, Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar.Bandung: Remaja Rosda.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Depok : Ar-Ruzz Media.

Udin.S. 2007. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi Jakarta; Hariyanto

Purwanto.2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Walgito.2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-03-28

How to Cite

Hartina, T., & Nasution, S. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama YWKA Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.5112