Penyesuaian Diri Siswa “AR†dalam Belajar di Jurusan Perhotelan Terkait Kompetensi Soft Skills (Studi Kasus pada Siswa SMK Pembina 1 Palembang)
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5148Keywords:
Keterempilan Berkomunikasi, Guru Bimbingan And KonselingAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Perilaku belajar siswa “AR†terhadap Soft Skills terkait karakteristik jurusan perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa “AR†terhadap Soft Skills terkait dengan karakteristik jurusan, mengetahui apa alasan siswa “AR†tetap belajar di jurusan perhotelan, dan faktor apa saja yang menjadi  penyebab “AR†kesulitan memperoleh kesempatan magang diluar sekolah. Jenis penelitian yaitu penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data melakukan observasi dan wawancara. Untuk dapat menjamin keabsahan data, menggunakan teknik Triangulasi. Data dianalisis mengacu pada konsep model Miles dan Hubarman dengan tiga langkah (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa soft skills siswa “AR†dalam belajar di jurusan perhotelan terkait kompetensi soft skills yaitu subyek belum memahami karakteristik jurusan perhotelan, interaksi sosial (pendiam, sering terlihat gugup dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan pendapat ataupun menyampaikan informasi didepan teman-temannya), dikarenakan kurangnya keterampilan dalam berkomunikasi). Siswa harus memahami secara tepat tentang karakteristik pemilihan jurusan, kerja sama Guru BK dalam peminatan menjadi lebih penting. Skills dapat membantu dan mempermudah siswa perhotelan dalam bekerja sama dengan orang lain, misalnya Comunication Skills atau keterampilan dalam berkomunikasi.References
Afandi, 2008. Teori Trait and Factor (Analisis dalam Layanan Bimbingan Konseling). Keguruan UIN Suska. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 5. No. 01 Januari-Juni 2008
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Hadija, dkk. 2017. Analisis Soft Skill Berorientasi Kerja Mahasiswa Jurusan Pariwisata Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontolo. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan.
Hamidah, Palupi. 2012. Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. FT Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 2, Juni 2012.
Hamidah, 2012. Model Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi Pada Siswa SMK Program Studi Keahlian Tata Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, No 1, Februari 2012
Kumalasari, 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus. Volume 1 No.1, Juni 2012
Mahfud, 2014. Program Pendidikan Karakter dan Pemaknaan Pengembangan Soft Skills di SMK NU Gresik. Jurnal Kebijakan dan pengembangan pendidikan.Vol, 2 No 2. Hal 130-136
Muhammad, 2013. Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud. Universitas Pendidika Indonesia
Rawdhah, 2015. Rawdhah Binti Yasa Dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry. Dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. Vol. 1, No. 2, September 2015
Renesia, 2020. Mengenal Mata Pelajaran Perhotelan Di SMK Sebagai Referensi. https://www.renesia.com/mata-pelajaran-perhotelan/ 05, Mei 2020
Rifai, Mad. 2015. Kesiapan Soft Skills Siswa SMK N 5 Semarang untuk Memasuki Dunia Kerja.Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dr. I Made Sudana, M.Pd, Drs. Slamet Seno Adi, M.Pd, M.T.
Sajidan, dkk. 2018. Employability Skills Lulusan SMK dan Relevansinya Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Siregar, Boyke P. 2019. “Pak Jokowi, Pengangguran Nambah Lagi, Gen Z Lulusan SMK Paling Banyakâ€, https://www.wartaekonomi.co.id/read255190/pak-jokowi-pengangguran-nambah-lagi-gen-z-lulusan-smk-paling-banyak, diakses pada 06 November 2019 pukul 10:04.
Sulistyorini dan Rahmawati, 2013. Metakognisi dan Penyesuaian Diri Siswa Akselerasi. Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Vol. 8 No. 1, April 2013
SMKN 1 ANJATAN, 2020. “Visi,Misi dan Tujuan Perhotelanâ€, https://smkn1anjatan.sch.id/visimisi-dan-tujuan-perhotelan/, diakses pada 04 Januari 2020 pukul 08:05.
Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-13. Bandung: Penerbit ALFABETA
Suroso, Mahmudi, 2014. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Mei 2014, Vol. 3, No. 02, hal 183 – 194
Suryadi dan Usman. 2018. Profil Penyesuaian Diri Siswa di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Edukasi Bimbingan dan Konseling. Vol. 4 No. 1, Januari 2018
Widarto, 2011. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Penerbit : Paramitra Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.