Penyesuaian Diri Siswa “AR” dalam Belajar di Jurusan Perhotelan Terkait Kompetensi Soft Skills (Studi Kasus pada Siswa SMK Pembina 1 Palembang)

Authors

  • Venty Anastasya Universitas PGRI palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5148

Keywords:

Keterempilan Berkomunikasi, Guru Bimbingan And Konseling

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Perilaku belajar siswa “AR†terhadap Soft Skills terkait karakteristik jurusan perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa “AR†terhadap Soft Skills terkait dengan karakteristik jurusan, mengetahui apa alasan siswa “AR†tetap belajar di jurusan perhotelan, dan faktor apa saja yang menjadi  penyebab “AR†kesulitan memperoleh kesempatan magang diluar sekolah. Jenis penelitian yaitu penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data melakukan observasi dan wawancara. Untuk dapat menjamin keabsahan data, menggunakan teknik Triangulasi. Data dianalisis mengacu pada konsep model Miles dan Hubarman dengan tiga langkah (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa soft skills siswa “AR†dalam belajar di jurusan perhotelan terkait kompetensi soft skills yaitu subyek belum memahami karakteristik jurusan perhotelan, interaksi sosial (pendiam, sering terlihat gugup dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan pendapat ataupun menyampaikan informasi didepan teman-temannya), dikarenakan kurangnya keterampilan dalam berkomunikasi). Siswa harus memahami secara tepat tentang karakteristik pemilihan jurusan, kerja sama Guru BK dalam peminatan menjadi lebih penting. Skills dapat membantu dan mempermudah siswa perhotelan dalam bekerja sama dengan orang lain, misalnya Comunication Skills atau keterampilan dalam berkomunikasi.

References

Afandi, 2008. Teori Trait and Factor (Analisis dalam Layanan Bimbingan Konseling). Keguruan UIN Suska. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 5. No. 01 Januari-Juni 2008

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Hadija, dkk. 2017. Analisis Soft Skill Berorientasi Kerja Mahasiswa Jurusan Pariwisata Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontolo. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan.

Hamidah, Palupi. 2012. Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. FT Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 2, Juni 2012.

Hamidah, 2012. Model Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi Pada Siswa SMK Program Studi Keahlian Tata Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, No 1, Februari 2012

Kumalasari, 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus. Volume 1 No.1, Juni 2012

Mahfud, 2014. Program Pendidikan Karakter dan Pemaknaan Pengembangan Soft Skills di SMK NU Gresik. Jurnal Kebijakan dan pengembangan pendidikan.Vol, 2 No 2. Hal 130-136

Muhammad, 2013. Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud. Universitas Pendidika Indonesia

Rawdhah, 2015. Rawdhah Binti Yasa Dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry. Dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. Vol. 1, No. 2, September 2015

Renesia, 2020. Mengenal Mata Pelajaran Perhotelan Di SMK Sebagai Referensi. https://www.renesia.com/mata-pelajaran-perhotelan/ 05, Mei 2020

Rifai, Mad. 2015. Kesiapan Soft Skills Siswa SMK N 5 Semarang untuk Memasuki Dunia Kerja.Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dr. I Made Sudana, M.Pd, Drs. Slamet Seno Adi, M.Pd, M.T.

Sajidan, dkk. 2018. Employability Skills Lulusan SMK dan Relevansinya Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siregar, Boyke P. 2019. “Pak Jokowi, Pengangguran Nambah Lagi, Gen Z Lulusan SMK Paling Banyakâ€, https://www.wartaekonomi.co.id/read255190/pak-jokowi-pengangguran-nambah-lagi-gen-z-lulusan-smk-paling-banyak, diakses pada 06 November 2019 pukul 10:04.

Sulistyorini dan Rahmawati, 2013. Metakognisi dan Penyesuaian Diri Siswa Akselerasi. Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Vol. 8 No. 1, April 2013

SMKN 1 ANJATAN, 2020. “Visi,Misi dan Tujuan Perhotelanâ€, https://smkn1anjatan.sch.id/visimisi-dan-tujuan-perhotelan/, diakses pada 04 Januari 2020 pukul 08:05.

Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-13. Bandung: Penerbit ALFABETA

Suroso, Mahmudi, 2014. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Mei 2014, Vol. 3, No. 02, hal 183 – 194

Suryadi dan Usman. 2018. Profil Penyesuaian Diri Siswa di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Edukasi Bimbingan dan Konseling. Vol. 4 No. 1, Januari 2018

Widarto, 2011. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Penerbit : Paramitra Publishing

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Anastasya, V., Darmawani, E., & Sari, S. P. (2021). Penyesuaian Diri Siswa “AR” dalam Belajar di Jurusan Perhotelan Terkait Kompetensi Soft Skills (Studi Kasus pada Siswa SMK Pembina 1 Palembang). Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5148