Penerapan Konseling Behavior Therapy untuk Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Putri Rahayu Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5152

Keywords:

Perilaku terisolir, Konseling Behavior Therapy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konseling Behavior Therapy untuk mengatasi perilaku terisolir pada siswa kelas VIII. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk design Eksperimen semu/belum sungguh-sungguh atau disebut pre-experimental designs dengan Model One-Group Pre test-Posttest designs. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  yaitu sebanyak 45 Orang siswa. Sedangkan sampel yang peneliti ambil hanya 7 orang siswa kelas VIII.  Data yang peneliti peroleh berasal dari observasi dan angket. Selanjutnya peneliti menggunakan uji-t untuk analisis data yang peneliti peroleh. Hasil penelitian yang peneliti peroleh menyimpulkan bahwa penerapan konseling behavior therapy untuk mengatasi perilaku terisolir pada siswa kelas VIII di  berpengaruh untuk mengurangi tingkat keterisoliran pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis dimana peneliti mendapatkan nilai t hitung sebesar (12,235) dan t table sebesar (2,570). Yang artinya t hitung ≥ t table berarti t hitung dalam penolakan Ho dan Ha diterima.

References

Arizona dan Ma’rifatin I.K. 2017. Teknik Relaksasi untuk meningkatkan Self Efficacy siswa, Palembang: CV Amanah

Dyesi. 2017. Konsep Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolir. Jurnal: Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam,UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol.14, No.1.

Elsya. 2010. Pelaksanaan Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk mengatasi siswa terisolir dikelas VIII A SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. Jurnal : BK: Universitas Negeri Surabaya, Vol. 04, No. 01.

Fauzi, Taty. 2019. Psikologi Konseling, Tangerang: Tira Smart.

Kartini. 2019. Mengatasi Perilaku Terisolir Remaja Menggunakan Konseling Behavior Teknik Assertive Training. Jurnal: Pendidikan: Universitas PGRI Banyuwangi, Vol.06, No.1, Juni 2019.

Kurnanto Edi. 2013. Konseling Kelompok, Bandung : Alfabeta

Lumongga Namora. 2016. Konseling Kelompok, Jakarta : Prenadamedia Group

Nuroddin. 2019. Teori Psikologi Kepribadian Sebuah Pandangan Tentang Hakikat Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Soetjipto, Kosasi Raflis. 2011. Profesi Keguruan, Jakarta: PT Rineka Cipta,

Sofyan S. Willis. 2014. Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tutut. 2013. Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas IV. Jurnal: Indonesia Journal of Guidance and Counseling:Theory and Application,Universitas Negeri Semarang. Jurnal UNESS Vol. 2 No. 2.

Wartini Asmidir Illyas Zikra. 2013. Karakteristik Belajar Siswa Terisolir, Jurnal: Ilmiah Konseling:Universitas Negeri Padang, Jurnal: Vol.2, No. 1.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Rahayu, P. (2021). Penerapan Konseling Behavior Therapy untuk Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5152